PENGARUH EDUKASI BERBASIS KELOMPOK TERHADAP KEPATUHAN MINUM OBAT PADA PASIEN HIPERTENSI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ANTUTAN KECAMATAN TANJUNG PALAS KABUPATEN BULUNGAN

Authors

  • Tripena Politenik Kesehatan Kalimantan Timur
  • Tini Politenik Kesehatan Kalimantan Timur
  • Bandar Politenik Kesehatan Kalimantan Timur

DOI:

https://doi.org/10.55681/saintekes.v2i3.119

Keywords:

Eduksi Berbasis Kelompok, Kepatuhan Minum Obat, Hipertensi

Abstract

Hipertensi merupakan salah satu penyakit kardiovaskuler yang terjadi akibat tekanan darah dalam batas tidak normal di mana tekanan sistole ≥ 140 mmHg dan diastol ≥ 90 mmHg. Hipertensi memerlukan pengobatan seumur hidup sehingga kepatuhan dalam minum obat menjadi indikator stabilnya tekanan darah pasien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh edukasi berbasis kelompok terhadap kepatuhan minum obat pasien hipertensi. Menggunakan desain pre experiment without control. Populasi penelitian ini berjumlah 30 penderita hipertensi. Teknik pengambilan purpossive sampling. Analisis statistik yang digunakan adalah uji Wilcoxon test. Hampir sebagian responden lansia awal sebanyak 15 responden (50%), sebagian besar reponden berjenis kelamin perempuan sebanyak 24 responden (80%), sebagian besar memiliki pendidikan SD sebanyak 21 responden (70%), sebagain besar bekerja sebagai petani sebanyak 15 responden (50%) dan hampir sebagian memiliki riwayat hipertensi 5-8 tahun sebanyak 11 responden (36.66%). Uji bivariat diperoleh terdapat pengaruh edukasi kelompok terhadap kepatuhan minum obat (p-value = 0,000). Ada pengaruh edukasi berbasis kelompok terhadap kepatuhan minum obat pada penderita hipertensi di Puskesmas Antutan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afiyanti, Y. (2018). Focus group discussion (diskusi kelompok terfokus) sebagai metode pengumpulan data penelitian kualitatif. Jurnal Keperawatan Indonesia, 12(1), 58–62.

Amado Guirado, E., Pujol Ribera, E., Pacheco Huergo, V., & Borras, J. M. (2011). Knowledge and adherence to antihypertensive therapy in primary care: results of a randomized trial. Gaceta Sanitaria, 25, 62–67.

Azri, H., Gde, N., & Indraguna, P. (2017). Gambaran Karakteristik penderita hipertensi dan tingkat kepatuhan minum obat di wilayah kerja puskesmas kintamani I. Intisari Sains Medis, 8(2), 130–134. https://doi.org/10.1556/ism.v8i2.127

Data Program PTM Puskesmas Antutan. (n.d.). Data Program PTM Puskesmas Antutan, 2020-2021.

Dinas Kesehatan Kabupaten Bulungan. (2022). Profil Kesehatan 2021.

Dinkes Kalimantan Utara. (2019). Laporan Provinsi Kalimantan Utara: Riskesdas 2018.

Harwandy, & Nurul, M. (2017). Pengaruh Edukasi Terhadap Tingkat Kepatuhan Pada Pasien Hipertensi di Puskesmas Kasihan 1 Bantul. Junal Keperawatan Indonesia, 1(Kesehatan), 1–12.

Kansil, J. F., Katuuk, M. E., & Regar, M. J. (2019). Pengaruh Pemberian Edukasi Dengan Metode Focus Group Discussion Terhadap Kepatuhan Minum Obat Penderita Hipertensi Di Puskesmas Tahuna Barat. Jurnal Keperawatan Indonesia, 7(1), 1–8. https://doi.org/10.35790/jkp.v7i1.24336

Kemenkes RI. (2014). Hipertensi. Pusat Data Dan Informasi Kementerian Kesehatan RI.

Kemenkes RI. (2019). Laporan Riskesdas 2018.

Khomaini, A., Setiati, S., Lydia, A., & Dewiasty, E. (2017). Pengaruh Edukasi Terstruktur dan Kepatuhan Minum Obat Antihipertensi terhadap Penurunan Tekanan Darah Pasien Hipertensi Usia Lanjut: Uji Klinis Acak Tersamar Ganda. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, 4(1), 4. https://doi.org/10.7454/jpdi.v4i1.106

Krisdianawati, D., Azza, A., & Yulis, Z. E. (2019). Pengaruh Pemberian Edukasi Terhadap Kepatuhan Minum Obat Pada Pasien Hipertensi Di Poli Klinik Pentakit Dalam RSD. Balung Jember. Jurnal Universitas Muhammadiyah Jember, 4(1), 64–75.

Maulana, H. (2012). Promosi Kesehatan. In 1 (Ed.), Penerbit Buku Kedokteran EGC (p. 200). EGC.

Mohani, C. I. (2014). Hipertensi Primer. In S. Setiati, I. Alwi, A. W. Sudoyo, M. K. Simadibrata, B. Setiyohadi, & A. F. Syam (Eds.), Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam Jilid II (6th ed., pp. 2284–2293). Interna Publishing.

Novian, A. (2017). Kepatuhan diit pasien hipertensi. KEMAS: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 9(1), 100–105.

Novitri, S. A., Saibi, Y., & Muhtaromah, M. (2021). Kajian Metode Peningkat Kepatuhan Pada Pasien Hipertensi: Telaah Literatur Sistematis. Pharmaceutical and Biomedical Sciences Journal (PBSJ), 3(1).

Nuridayanti, Anik, Makiyah, Nurul, R. (2018). Pengaruh Edukasi Kelompok Terhadap Kepatuhan Minum Obat Penderita Hipertensi Di Pos Pembinaan Terpadu Kelurahan Mojoroto Kota Kediri Jawa Timur. Jurnal Kesehatan Karya Husada, 6(1), 1–7.

Osterberg, L., & Blaschke, T. (2015). Adherence to medication. New England Journal of Medicine, 353(5), 487–497.

Purnomo, W., & Bramantoro, T. (2018). Pengantar Metodologi Penelitian Bidang Kesehatan. Airlangga University Press.

Safrudin, M. B., & Milkhatun, M. (2019). the Relation Between Nurses Age and Compliance in the Implementation of Prevention of Falling Patients in the General Hospital of the Samarinda Government. Jurnal Ilmu Kesehatan, 7(1), 33–38. https://doi.org/10.30650/jik.v7i1.243

Suryani, L. (2020). Efektivitas Metode Ceramah Dan Diskusi Kelompok Terhadap Kepatuhan Remaja Mengkonsumsi Tablet Tambah Darah. JOMIS (Journal of Midwifery Science), 4(1), 46–54.

Susilo, Y., & Wulandari, A. (2011). Cara Jitu Mengatasi Darah Tinggi. CV Andi.

Utami, R. S., & Raudatussalamah, R. (2017). Hubungan Dukungan Sosial Keluarga dengan Kepatuhan Berobat Penderita Hipertensi di Puskesmas Tualang. Jurnal Psikologi, 12(2), 91–98.

Wahyuni, W., Mustar, M., Yanti, I., Sulfianti, S., Indryani, I., Winarso, S. P., Aini, F. N., Sopiah, O., Nurdiana, A., & Alim, N. (2020). Kebidanan Komunitas. Yayasan Kita Menulis.

Walanda, I. E., & Makiyah, S. N. (2021). Pengaruh Edukasi Terhadap Kepatuhan Minum Obat Pasien Hipertensi : Literature Review Program. Jurnal Ilmiah Stikes Citra Delima Bangka Belitung, 4(2), 120–128.

WHO. (2017). World Health Statistic 2017: Monitoring Health for the SDGs (Sustainable Development Goals). World Health Organization.

WHO. (2021). More than 700 million people with untreated hypertension. World Health Organization.

Wong, L. P. (2018). Focus group discussion: a tool for health and medical research. Singapore Med J, 49(3), 256–260.

Zhou, B., Carrillo-Larco, R. M., Danaei, G., Riley, L. M., Paciorek, C. J., Stevens, G. A., Gregg, E. W., Bennett, J. E., Solomon, B., Singleton, R. K., Sophiea, M. K., Iurilli, M. L. C., Lhoste, V. P. F., Cowan, M. J., Savin, S., Woodward, M., Balanova, Y., Cifkova, R., Damasceno, A., … Zuñiga Cisneros, J. (2021). Worldwide trends in hypertension prevalence and progress in treatment and control from 1990 to 2019: a pooled analysis of 1201 population-representative studies with 104 million participants. The Lancet, 398(10304), 957–980. https://doi.org/10.1016/S0140-6736(21)01330-1

Downloads

Published

2023-05-13

How to Cite

Tripena, T., Tini, T. and Bandar, B. (2023) “PENGARUH EDUKASI BERBASIS KELOMPOK TERHADAP KEPATUHAN MINUM OBAT PADA PASIEN HIPERTENSI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ANTUTAN KECAMATAN TANJUNG PALAS KABUPATEN BULUNGAN”, Jurnal Sains, Teknologi dan Kesehatan, 2(3), pp. 287–298. doi: 10.55681/saintekes.v2i3.119.