HUBUNGAN SHIFT KERJA PERAWAT DENGAN STRES KERJA PADA PERAWAT DI RUANG RAWAT INAP RSD dr. H. SOEMARNO SOSROATMODJO KABUPATEN BULUNGAN

Authors

  • Wiyono Susanto Politeknik Kesehatan Kalimantan Timur
  • Supriyadi Politenik Kesehatan Kalimantan Timur
  • Edi Sukamto Politenik Kesehatan Kalimantan Timur
  • Andi Parellangi Politenik Kesehatan Kalimantan Timur

DOI:

https://doi.org/10.55681/saintekes.v2i3.128

Keywords:

Shift kerja, Stres Kerja Pada Perawat

Abstract

Perawat akan mendapatkan Shift kerja pagi, siang, dan malam selama satu minggu dengan rata rata jam kerja 8-10 jam per hari. Dalam seminggu, seseorang biasanya dapat bekerja dengan baik selama 40-50 jam. Lebih dari itu, akan timbulnya hal-hal yang negatif bagi tenaga kerja yang bersangkutan dan pekerjaannya itu sendiri. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian observasional analitik menggunakan pendekatan desain cross-sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perawat yang ada di ruang rawat inap RSD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo yang berjumlah 136 responden. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner. Analisis data melalui dua tahapan yaitu univariat menggunakan distribusi frekuensi dan bivariat adalah menggunakan Chy Sequare. Hasil penelitian didapatkan bahwa shif kerja perawat menunjukkan bahwa hampir setengah dari responden shif pagi yaitu 47 orang (34,6%). Tentang stres kerja perawat menunjukkan bahwa sebagian besar dari responden mengalami stres kategori sedang yaitu 82 orang (60,3%). Hasil Uji Chy Square diperoleh nilai ρ-value = 0,00 lebih kecil dari nilai α= 0,05 atau (0,00<0,05), itu artinya ada hubungan signifikan antara Shift dengan stres kerja.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, E. H. et al. 2018. Relationship of Work Stress to the Performance of Intensive Care Unit Nurses in Makassar’, American Journal of Public Health Research, 6(1), pp. 18–20. doi: 10.12691/ajphr-6-1-4.

Bi Rahmani, N. A. (2016). Metodologi Penelitian Ekonomi. Medan: Febi UIN-SU PRESS.

Budiono & Sumirah. 2015. Konsep Dasar Keperawatan. Jakarta: Bumi Medika.

Cahayu. 2021. Hubungan Shift Kerja dengan Stres Kerja pada Perawat di Ruang Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Pirngadi Medan. Skripsi, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Doney, C. 2018. Shift Kerja dan Stres Kerja Pada Perawat Rawat Inap Bagian ICU di Rumah Sakit Santa Elisabeth Medan Tahun 2017. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara Medan.

Hamali, A. yusuf. (2016). Pemahaman Manajemen Sumber Daya Manusia. yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).

Hartono, & Siswanto. (2017). Faktor - Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Stres Kerja Pada Perawat Bagian Rawat Inap Di Rumah Sakit Haji Jakarta Tahun 2017. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 1.No1 Okto.

Hasan, A. B. P. (2008). Pengantar Psikologi Kesehatan Islami. jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Hastono, S. P. (2016). Analisis Data pada Bidang Kesehatan. jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Hastono, S. P. 2016. Analisis Data pada Bidang Kesehatan. jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Ikrimadhani, T. (2015). Perbedaan Tingkat Stres Kerja Antara Shift pagi, Sore dan Malam Pada Perawat Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Daerah Banyudono Boyolali. 4.

Kemenkes. (2014). Kementerian Kesehatan.

Kepmennakertras. (2003). Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia. 2.

Konoralma, Moningka, & Palamani. (2011). Hubungan Shift Kerja Perawat Dengan Stres Kerja Di ruang IRDM BLU RSUP PROF DR.R.D. KANDOU MANADO. 22.

Mandasari. 2015. Perbedaan Stres Kerja Ditinjau dari Sistem Kerja Shift Pada Perawat RSUPH Adam Malik Medan. Universitas Sumatera Utara.

Mareta. 2017. Hubungan Karaktersitik Perawat dengan Stres Kerja Di Ruang Perawatan RSD dr. Soehadi Prijonegoro Sragen. STIKes Kusuma Husada Surakarta.

Marpaung, W. (2018). Pengantar Hadis - Hadis Kesehatan. Medan: Wal Ashri Publishing.

Melini. 2022. Hubungan Antara Beban Kerja Dengan Stres Kerja Pada Perawat Pelaksana Di Ruang Isolasi Covid-19 Rumah Sakit Umum Daerah Kota Kotamobagu. Universitas Sam Ratulangi Manado.

Pada Perawat Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Jiwa Provinsi Sulawesi Tenggara Tahun 2016. JIMKESMAS, 2(6).

Pembangkit SWD (Strok Werkspoor Diesel) PLTD Gunung Malang Balik Papan. Kesehatan Masyarakat, 5, Nomor 5.

Prihatini, L. dian. (2008). Analisis Hubungan Beban Kerja Dengan Stres Kerja di Tiap Ruang Rawat Inap RSUD Sidikalang.

Rahmawati, F. N., & Ekawati. (2017). Hubungan Kebisingan Dan Shift Kerja Terhadap Tingkat Stres Kerja Pada Pekerja Mesin Pembangkit SWD (Stork Werkspoor Diesel) PLTD Gunung Malang BalikPapan. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 5(5).

Rahmawati, F. N., Ekawati, & Kurniawan Bina. (2017). Hubungan Kebisingan Dan Shift Kerja Terhadap Tingkat Stres Kerja Pada Pekerja Mesin

Rhamadani. 2019 Hubungan antara shift kerja, kelelahan kerja dengan stres kerja pada perawat di RSD Asy-Syifa Sumbawa Barat. Skripsi. Jakarta : Universitas Trisakti.

Rudyarti. 2020. Analisis Hubungan Stres Kerja, Umur, Masa Kerja Dan Iklim Kerja Dengan Perasaan Kelelahan Kerja Pada Perawat. Bekasi : Institut Medika Drg. Suherman.

Safitri. 2020. Stres Kerja Perawat di Unit Rehabilitasi Kusta Rumah Sakit Umum Daerah. Universitas Negeri Semarang.

Sari, R., & Yusran, S. (2017). Faktor Yang Berhubungan Dengan Stres Kerja

Sari, R., Yusran, S., & Ardiansyah, R. T. (2016). Faktor Yang Berhubungan Dengan Stres Kerja Pada Perawat Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Jiwa Provinsi Sulawesi Tenggara Tahun 2016. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kesehatan Masyarakat, 2/NO.6/MEI, 6.

Saribu, S. D. (2012). Hubungan Beban Kerja Dengan Stres Kerja Perawat Pelaksana Di Ruang IGD dan ICU RSUD Haji Abdul Manan Simatupang Kisaran.

Siregar, Syofian. (2017). Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. jakarta: PT Bumi Aksara.

Sitorus, C. I. (2017). Hubungan Shift Kerja Dengan Stres Kerja Pada Karyawan Bagian Operator DCS Departement Produksi PT. Toba Pulp Lestari,TBK. sucipto, cecep dani. (2017). Kesehatan Dan Keselamatan Kerja. Yogyakarta:

Sudaryanti. 2021. Faktor-Faktor Penyebab Stress Kerja Perawat Dalam Merawat Pasien Covid-19. Tangerang : Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Yatsi.

Urip. 2015. Hubungan shift kerja dengan stres kerja pada perawat di Interna RSD Prof Dr. H. Aloei Saboe Kota Gorontalo. Skripsi. Universitas Negeri Gorontalo.

Downloads

Published

2023-05-28

How to Cite

Susanto, W., Supriyadi, S., Sukamto, E. and Parellangi, A. (2023) “HUBUNGAN SHIFT KERJA PERAWAT DENGAN STRES KERJA PADA PERAWAT DI RUANG RAWAT INAP RSD dr. H. SOEMARNO SOSROATMODJO KABUPATEN BULUNGAN”, Jurnal Sains, Teknologi dan Kesehatan, 2(3), pp. 349–354. doi: 10.55681/saintekes.v2i3.128.