HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RSD dr. H. SOEMARNO SOSROATMODJO TANJUNG SELOR
Keywords:
mutu, keperawatan, kepuasan, pasienAbstract
Perawat memberikan pengaruh besar untuk menentukan kualitas pelayanan, dalam kapasitasnya selaku ujung tombak pelayanan terhadap pasien dan keluarga pasien di Rumah Sakit. Hasil survei tingkat kepuasan masyarakat pada instalasi ruang inap di RSD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Tanjung Selor, telah mencapai nilai standar minimum mutu pelayanan kesehatan yakni 96,6% tetapi progresnya cenderung statis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan keperawatan dengan tingkat kepuasan pasien rawat inap di RSD. dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Tanjung Selor. Rancangan penelitian menggunakan pendekatan deskriptif analitik cross sectional dengan uji korelasi Pearson chi square. Populasi berjumlah 110 orang yang tersebar di 3 unit ruang rawat inap kelas I. Sampel sebanyak 52 orang menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Sebagian besar responden (63,5%) menyatakan baik dan sebagian kecil responden (36,5%) menyatakan kurang baik. Sebagian besar (76,9%) menyatakan puas dan sebagian kecil (23,1%) menyatakan kurang puas. Diperoleh nilai p = 0,019. Hasil p value < 0,05 (Sig. 95%) maka Ho ditolak sehingga Ha diterima, yang berarti terdapat hubungan antara mutu pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien rawat inap di RSD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Tanjung Selor. Ada hubungan yang bermakna antara mutu pelayanan keperawatan dengan tingkat kepuasan pasien rawat. Disarankan agar pihak Rumah Sakit lebih intensif mengadakan pelatihan yang berkaitan dengan dimensi mutu pelayanan keperawatan.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Aspiration of Health Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.