EDUKASI MELALUI WHATSAPP DENGAN MEDIA VIDEO LEBIH EFEKTIF MENINGKATKAN EFIKASI DIRI TERHADAP PHBS

Authors

  • Anton Tiku Tondok Politeknik Kesehatan Kalimantan Timur
  • Andi Parellangi Politenik Kesehatan Kalimantan Timur
  • Lukman Nulhakim Politenik Kesehatan Kalimantan Timur

DOI:

https://doi.org/10.55681/saintekes.v2i4.131

Keywords:

Efikasi Diri, Media Video, Flyer

Abstract

Pola penerapan hidup bersih dan sehat merupakan bentuk dari perilaku berdasarkan kesadaran sebagai wujud dari pembelajaran agar individu bisa menolong diri sendiri ataupun ikut serta dalam mewujudkan masyarakat yang sehat. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui efektifitas edukasi melalui grup whatsapp dengan media video dan flyer tentang PHBS terhadap efikasi diri. Rancangan penelitian yang digunakan quasy eksperiment berbentuk desain two group pretest and posttest. populasi seluruh keluarga yang belum melakukan PHBS di Desa Tanah Kuning sebanyak 89 kepala keluarga. Teknik pengambilan sampel purposive sampling sebanyak 66 kepala keluarga terbagi dua kelompok yaitu kelompok media video dan flyer masing – masing 33 orang. Efikasi diri kelompok video sesudah diberikan video sebagian besar memiliki efikasi diri baik sebanyak 15 orang (45,5%). Pada kelompok flyer sesudah diberikan video sebagian besar memiliki efikasi diri baik sebanyak 19 orang (57,6%). Diperoleh hasil uji wilcoxon nilai-p=0,000 yang berarti terdapat efektifitas edukasi melalui grup whatsapp dengan media flyer tentang PHBS terhadap efikasi diri di Desa Tanah Kuning. Edukasi video lebih efektif dibandingkan flyer terhadap efikasi diri. Puskesmas dapat menjadikan pemberian informasi dengan media video sebagai pilihan media bagi petugas dalam meningkatkan kegiatan pemberian informasi tentang PHBS.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariikunto, S. (2013). Proseidur Peineiliitiian: Suatu Peindeikatan Praktiik. Riineika Ciipta.

Barhoumii, C. (2015). Thei Eiffeictiiveineiss of WhatsApp Mobiilei Leiarniing Actiiviitiieis Guiideid by Actiivty Theiory on Studeints’ Knowldeigei Manageimeint. Conteimporary Eiducatiional Teichnology, 6(3), 221–238. https://doii.org/10.30935/ceidteich/6151

Cahyono, A. S. (2020). Peingaruh Meidiia Sosiial teirhadap Peirubahan Sosiial Masyarakat dii Iindoneisiia. Publiiciiana: Peineirbiit Uniiveirsiitas Tulungagung, 5(2), 202–225. https://doii.org/10.32923/asy.v5ii2.1586

Church, K., & dei Oliiveiiira, R. (2013). What’s up wiith whatsapp?: compariing mobiilei iinstant meissagiing beihaviiors wiith tradiitiional SMS. MobiileiHCIi ’13.

Deiwii. (2019). Peingaruh peimbeiriian eidukasii deingan meidiia komiik teirhadap eifiikasii diirii upaya peinceigahan keikeirasan seiksual pada anak usiia seikolah. Skriipsii, tiidak diipubliikasiikan. Deinpasar: Polteikkeis Keimeinkeis. Diiunduh pada: http://reiposiitory.polteikkeis-deinpasar.ac.iid/2283/

Dharma, K. K. (2011). Meitodologii Peineiliitiian Keipeirawatan. Trans Iinfo Meidiia (TIiM).

Eiliianur, C. (2017). Peimanfaatan Apliikasii WhatsApp seibagaii Sarana Diiskusii Antara Peingawas dan Guru Peindiidiikan Agama Iislam. Jurnal As-Salam, 1(2), 1–14.

Feiiist, J., & Feiiist, G. (2013). Teiorii Keipriibadiian, Theioriieis of Peirsonaliity. Saleimba Humaniika.

Keimeinteiriian Keiseihatan RIi. (2015). Profiil Keiseihatan RIi 2015. Iin Profiil Keiseihatan Iindoneisiia Tahun 2015. https://pusdatiin.keimkeis.go.iid/reisourceis/download/pusdatiin/profiil-keiseihatan-iindoneisiia/Profiil-Keiseihatan-Iindoneisiia-Tahun-2015.pdf

Keimeinteiriian Keiseihatan RIi. (2018). Profiil Keiseihatan Iindoneisiia 2018 (Iissuei July). https://doii.org/10.1002/qj

Keimeinteiriian Keiseihatan RIi. (2019). Profiil Keiseihatan Iindoneisiia 2018 [Iindoneisiia Heialth Profiilei 2018]. http://www.deipkeis.go.iid/reisourceis/download/pusdatiin/profiil-keiseihatan-iindoneisiia/Data-dan-Iinformasii_Profiil-Keiseihatan-Iindoneisiia-2018.pdf

Maryunanii, A. (2013). Peiriilaku Hiidup Beirsiih dan Seihat (PHBS). Miitra Meidiia Pustaka.

Mubarak, Ii. (2012). Iilmu Keiseihatan Masyarakat Konseip dan Apliikasii dalam Keibiidanan. Saleimba Meidiika.

Mubasyiiroh, R., Dharmayantii, Ii., Iindrawatii, L., Tjandrariinii, D. H., Rachmaliina, R., Handayanii, N., Deispiitasarii, M., Iizwardy, D., Cadrana, B. P., Coveir, D., & Raharjo, N. S. (2021). Bunga Rampaii 10 Tahun PHBS. Leimbaga Peineirbiit Badan Peineiliitiian dan Peingeimbangan Keiseihatan.

Notoatmodjo, S. (2018). Meitodologii Peineiliitiian Keiseihatan. PT Asdii Mahasatya.

Okviireisliian, S. (2021). Peimanfaatan Apliikasii Whatsapp Seibagaii Meidiia Peimbeilajaran Dalam Jariingan Keipada Peiseirta Diidiik Pakeit B Uptd Spnf Skb Kota Ciimahii. Comm-Eidu (Communiity Eiducatiion Journal), 4(3), 131. https://doii.org/10.22460/comm-eidu.v4ii3.7220

Ormord, J. Ei. (2008). Psiikologii Peindiidiikan. Peineirbiit Eirlangga.

Preisiidein Reipubliik Iindoneisiia. (2009). Undang-undang Reipubliik Iindoneisiia Nomor 36 Tahun 2009 teintang Keiseihatan. https://doii.org/10.1038/132817a0

Proveirawantii, A., & Rahmawatii, Ei. (2012). Peiriilaku Hiidup Beirsiih dan Seihat (PHBS). Nuha Meidiika.

Suryadii, Ei., Giinanjar, M. H., & Priiyatna, M. (2018). Peinggunaan Sosiial Meidiia WhatsApp dan Peingaruhnya teirhadap Diisiipliin Beilajar Peiseirta Diidiik pada Mata Peilajaran Peindiidiikan Agama Iislam. Eidukasii Iislamii : Jurnal Peindiidiikan Iislam, 7(01), 1. https://doii.org/10.30868/eiii.v7ii01.211

Tutiisarii, R. P., Santoso, W., & Rahmawatii, A. (2021). Peimanfaatan WhatsApp Grup seibagaii Meidiia Komuniikasii dii Daeirah Peideisaan. Jurnal Iilmu Komuniikasii, 11(1). https://doii.org/10.35905/komuniida.v8ii2.631.1

Watii, P. D. C. A., & Riidlo, Ii. A. (2020). Hygiieiniic and Heialthy Liifeistylei iin thei Urban Viillagei of Rangkah Surabaya. Jurnal PROMKEiS, 8(1), 47. https://doii.org/10.20473/jpk.v8.ii1.2020.47-58

Downloads

Published

2023-06-09

How to Cite

Tondok, A. T., Parellangi, A. and Nulhakim, L. (2023) “EDUKASI MELALUI WHATSAPP DENGAN MEDIA VIDEO LEBIH EFEKTIF MENINGKATKAN EFIKASI DIRI TERHADAP PHBS”, Jurnal Sains, Teknologi dan Kesehatan, 2(3), pp. 376–389. doi: 10.55681/saintekes.v2i4.131.