SINTESIS DAN KARAKTERISASI ASAM LEMAK HIDROKSAMAT DARI EKSTRAK MINYAK MENTAH DEDAK PADI

Authors

  • Muhsinun Institut Pendidikan Nusantara Global
  • Mulia Rasyidi Institut Pendidikan Nusantara Global

DOI:

https://doi.org/10.55681/saintekes.v2i1.30

Keywords:

sintesis, karakterisasi, asam lemak hidroksamat, FHA, minyak dedak padi

Abstract

Kompleks asam lemak hidroksamat (FHA) dengan beberapa ion logam telah digunakan dalam kimia analitik sebagai reagen untuk gravimetri, spektrofotometri logam, pengkhelat untuk mineral bumi yang langka dan untuk pengekstrak ion-ion logam dari fase air. Oleh sebab itu, sangat perlu dilakukan sintesis FHA dengan bahan dasar yang mengandung asam lemak ini. Salah satu sumber asam lemak adalah minyak mentah dedak padi. Minyak mentah dedak padi mengandung asam lemak dengan rantai sedang dan panjang sehingga memiliki potensi yang sangat besar sebagai bahan baku sintesis asam lemak hidroksamat. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mensintesis FHA dari minyak mentah dedak padi secara enzimatis dan karakterisasi produk FHA yang dihasilkan. Metode yang digunakan adalah metode enzimatis yang meliputi beberapa tahap pengerjaan yaitu tahap sintesis, tahap pemurnian dan tahap karakterisasi. Dari hasil penelitian, diperoleh persentase hasil sintesis asam lemak hidroksamat dari minyak mentah dedak padi setelah dilakukan perbanyakan dengan menggunakan kondisi sintesisnya adalah sekitar 52,37%. Jumlah gugus asam hidroksamat dalam 1 gram sampel kering asam lemak hidroksamat adalah 3,01 mmol. Berdasarkan hasil analisis uji warna dengan CuSO4 dan FeCl3 didapatkan warna kompleks yang khas untuk kedua logam tersebut dengan FHA yaitu warna hijau dan merah tua. Sedangkan dari analisis FTIR, didapatkan spektrum gugus fungsi asam hidroksamat dari sampel FHA.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Blattner, C. 2005. Biocatalysis using lipase immobilised in organogels in supercritical carbon dioxide. Disertasi. University of Regensburg.

Gervajio, G.C. 2005. Fatty Acids and derivatives from Coconut Oil. Jhon Wiley & Sons Inc, New York.

Ho, C.Y. & Stobel, E.D. 2006. Preparation Of Hydroxamic Acids From Ester In Solution And On The Solid Phase. USA: United States Patent.

Isha, A., Yusof, N.A., Ahmad, M., Suhendra, D., Yunus, W.M.Z.W., Zainal, Z. 2007. Optical Fibre Chemical Sensor For Trace Vanadium(V) Determination Based On Newly Synthesized Palm Based Fatty Hydroxamic Acid Immobilized In Polyvinyl Chloride Membrane. Spectrochimica Acta Part A: Molecular and Biomolecular Spectroscopy. p:1398-1402.

Liauw, M.Y., Natan, F.A., Widiyanti, P., Ikasari, D., Indraswati, N., Soetaredjo, F. E. 2008. Extraction of Neem Oil (Azadirachta indica A. Juss) Using n-Hexane And Ethanol: Studies of Oil Quality, Kinetic And Thermodynamic. ARPN Journal of Engineering and Applied Sciences. p:49-54.

Otto, S. & Engberts, J.B.F.N. 2000. Diels–Alder reactions in water. Pure and Applied Chemistry. p:1365–1372.

Suhendra, D., Wan Yunus, W.M.Z., Haron, M.J., Basri M., Silong, S. 2005. Enzymatic synthesis of fatty hydroxamic acid from palm oil. Journal Oleo Science. 54 (1): 33-38.

Tikhonov, A.M. 2010. The Critical Crossover at the n-Hexane–Water Interface. Journal of Experimental and Theoretical Physics. 110(6):1055-1057.

Downloads

Published

2023-01-28

How to Cite

Muhsinun, M. and Rasyidi, M. (2023) “SINTESIS DAN KARAKTERISASI ASAM LEMAK HIDROKSAMAT DARI EKSTRAK MINYAK MENTAH DEDAK PADI”, Jurnal Sains, Teknologi dan Kesehatan, 2(1), pp. 74–78. doi: 10.55681/saintekes.v2i1.30.