FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN LENGTH OF STAY PASIEN DI INSTALASI GAWAT DARURAT RUMAH SAKIT X BATAM

Authors

  • Ennie Yopanti Tamasoleng Universitas Awal Bros
  • Sri Muharni Universitas Awal Bros
  • Utari Christya Wardhani Universitas Awal Bros

DOI:

https://doi.org/10.55681/saintekes.v2i2.41

Keywords:

IGD, Lama Tinggal, Perawat

Abstract

Instalasi Gawat Darurat (IGD) menjadi pintu utama dan pintu pertama masuk rumah sakit bagi sebagian besar pasien. Permasalahan yang terjadi di dunia untuk saat ini adalah permintaan layanan darurat melebihi kemampuan IGD  waktu lama tunggu pasien dimulai dari kedatangan pasien diukur dari kedatangan pasien sampai ditransfer atau dipindahkan ke unit lain Fenomena yang ditemukan di RS X adalah 5 pasien mengatakan waktu tunggu terlalu lama pada proses pemeriksaan labotarorium di IGD, dan 5 pasien lainnya mengatakan mengalami waktu tunggu lama pada proses transfer pasien rawat dirawat inap sampai lebih dari 5 jam. Mutu IGD di Rumah Sakit X Batam 3 jam. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan Length Of Stay di Ruang IGD di Rumah Sakit X Batam. Metode penelitian dengan metode kuantitaif. Sampel berjumlah 60 responden yang menjalani rawat jalan di Poliklinik di Rumah Sakit X Batam tahun 2022 dengan teknik pengambilan sampel yaitu total sampling. Data diolah dengan menggunakan uji chi-square Analisa Univariat hasil factor waktu pendaftaran 50 responden mengalami waktu lebih dari 1 jam, waktu konsultasi dokter 48 responden dan waktu rawat inap 30 responden dengan hasil LOS yang dialami pasien sebanyak 48 responden. Dari 3 faktor tersebut semua ada hubungan antara waktu pendaftaran, waktu konsultasi, waktu transfer rawat inap dengan LOS (p=0.005). Hasil penelitian ini diharapkan bisa di jadikan data dasar bagi perawat di IGD untuk meningkatkan kinerja di Rumah Sakit X Batam untuk melakukan kegiatan dalam mengurangi waktu tunggu pasien di ruang IGD.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amri, A., Manjas, M., & Hardisman, H. (2019). Analisis Implementasi Triage, Ketepatan Diagnosa Awal Dengan Lama Waktu Rawatan Pasien di RSUD Prof. DR. MA Hanafiah SM Batusangkar. Jurnal Kesehatan Andalas, 8(3), 484.

Dharmawati, I., Setyaningtyas, A., & Kusumastuti, N. P. (2017). Profile of Patients at Pediatric Emergency Services Soetomo Hospital Surabaya. Jurnal Ners, 7(2), 131-135

Departemen of State Health Services. (2017). Hospital Emergency Departemen Data Collection.

Deli, H., Hasanah, O., Novayelinda, R., & Purwanti, E. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Length of Stay (Los) Pasien Anak Di Instalasi Gawat Darurat (Igd). Link, 16(1), 59–65.

Gide, A. (2021). Pengembangan Tools Untuk Mengatasi Kepadatan Pasien Di Instalasi Gawat Darurat. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 3, 5–24

Ismail, A. (2017). Analisis faktor yang mempengaruhi lenght of stay pasien di instalasi gawat darurat menggunakan pendekatan time frame guide emergency model of care. Perpusatakaan Universitas Airlangga, 2020

Kemenkes RI. (2018). Kamus Indikator Kinerja Rumah Sakit dan Balai.

Nega, T., & Kiberale, Bisete, N. (2021). Length of stay in the emergency department and its associated factors among pediatrics patients attending at Wolaita Sodo University Teaching and. 1–25.

Kreindler, S. A., Cui, Y., Metge, C. J., & Raynard, M. (2015). Patient characteristics associated with longer emergency department stay: a rapid review. Emerg Med J, emermed-2015

Sayah, A., Rogers, L., Devarajan, K., Kingsley-Rocker, L., & Lobon, L. F. (2014). Minimizing ED waiting times and improving patient flow and experience of care. Emergency medicine international, 2014

Sitompul, N. S. M. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien Igd Di Rumah Sakit Pabatu Iv Tahun 2017. Jurnal Ilmiah Maksitek, 2(4), 1–9.

Ugglas, B., Lindmarker, P., Ekelund, U., Djarv, T., & Holzmann, M. J. (2021). Emergency department crowding and mortality in 14 Swedish emergency departments, a cohort study leveraging the Swedish Emergency Registry (SVAR). PLoS ONE, 16(3 March), 1–15.

Wibowo. (2016). Laporan Akuntabilitas Kinerja Ditjen Pelayanan Masyarakat.

Zahroh, R., Basri, A. H., & Kurniawati, E. (2020). Pengetahuan Standart Labeling Triage Dengan Tindakan Kegawatan Berdasarkan Standart Labeling Triage. Jurnal Keperawatan Dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama, 9(3), 252

Downloads

Published

2023-04-03

How to Cite

Tamasoleng, E. Y., Muharni, S. and Wardhani, U. C. (2023) “FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN LENGTH OF STAY PASIEN DI INSTALASI GAWAT DARURAT RUMAH SAKIT X BATAM”, Jurnal Sains, Teknologi dan Kesehatan, 2(2), pp. 95–102. doi: 10.55681/saintekes.v2i2.41.