HUBUNGAN KINERJA PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RSD dr. H. SOEMARNO SOSROATMODJO TANJUNG SELOR KABUPATEN BULUNGAN

Authors

  • Try Venakontesa Politeknik Kesehatan Kalimantan Timur
  • Rasmun Politenik Kesehatan Kalimantan Timur
  • Abdul Kadir Politenik Kesehatan Kalimantan Timur

DOI:

https://doi.org/10.55681/saintekes.v2i2.65

Keywords:

Kinerja Perawat, Kepuasan Pasien

Abstract

Kinerja perawat dipengaruhi oleh berbagai faktor, yaitu kemampuan dan keterampilan, variabel psikologi terdiri dari persepsi, sikap, kepribadian, belajar dan motivasi sedangkan variabel organisasi terdiri dari sumber daya, kepemimpinan, imbalan, struktur dan desain pekerjaan. Tingkat kepuasan merupakan fungsi dari perbedaan antara kinerja yang dirasakan dengan harapan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kinerja perawat dengan kepuasan pasien rawat inap di RSD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Tanjung Selor Kabupaten Bulungan. Penelitian menggunakan jenis deskriptif korelasional. Desain penelitian ini cross sectional. Populasi penelitian seluruh pasien rawat inap di Ruang Anggrek, Bogenvile, Daisy dan Anyelir RSD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Tanjung Selor Kabupaten Bulungan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 80 orang. Sebagian besar responden menilai kinerja perawat dalam katagori baik yaitu sebanyak 63 orang (78,8%), sedangkan kinerja perawat kataori sangat baik sebanyak 17 orang (21,3%) hasil penelitian terhadap kepuasan pelayanan perawat diperoleh hasil bahwa sebagian besar responden memiliki kepuasan katagori puas sebanyak 67 orang (83,3%), sedangkan katagori kepuasan sangat puas sebanyak 13 orang (16,3%) dan tidak ada responden yang memiliki kepuasan cukup puas dan kurang puas. Ada hubungan kinerja perawat dengan kepuasan pasien rawat inap di RSD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Tanjung Selor Kabupaten Bulungan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin, R. (2013). Hubungan kinerja Perawat Dalam Memberikan Asuhan Keperawatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Kelas III di RSUD kabupaten Pekalongan. Skripsi. STIKES Muhammadiyah Pakalongan.

Ahmad, B.M. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Klinik Assalaam Medicare Sukoharjo. Tesis. Surakarta, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia.

Amalia, P. (2015). Hubungan Dimensi Mutu Pelayanan dengan Tingkat Kepuasan Pasien di RSUD Dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Bulungan Kaltim. Universitas Andalas.

Arikunto, S. 2018. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Astutik, (2018). Komunikasi Terapeutik dengan Tingkat Kepuasan Pasien. Skripsi. Jomang : STIKes Insan Cendekia Medika.

Budiawan, I.N. (2015). Hubungan Kompetensi, Motivasi dan Beban Kerja Perawat Pelaksana dengan Kinerja Perawat di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Jiwa Provinsi Bali.

Budiono. (2016). Konsep Dasar Keperawatan, Modul Bahan Ajar Cetak Keperawatan (Pusdik SDM). Jakarta.

Einurkhayatun, B., Suryoputro, A., Fatmasari, E.Y. (2017). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Kualitas Pelayanan Rawat Jalan di Puskesmas Duren dan Puskesmas Bergas Kabupaten Semarang Tahun 2017. Jurnal Kesehatan Masyarakat (eJournal), 5, (4), 33-42.

Franky V.T. (2016). Faktor-Faktor yang Berhubungan Dengan Kinerja Perawat di Rumah Sakit Pancaran Kasih Manodo. Tesis. Pascasarja FKM Universitas Sam Ratulangin Manado.

Hafid M. A. (2014). Hubungan kinerja perawat terhadap tingkat kepuasan pasien pengguna Yankestis dalam pelayanan perawatan di RSUD syech yusuf kab Goa Jurnal kesehatan Vol 7. Nomor 2

Ida, A. (2014). Hubungan antara Persepsi Mutu Pelayanan Asuhan Keperawatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Kelas III di RSUD Wangaya Kota Denpasar. Universitas Udayana Denpasar.

Iman A.T., & Lena, D. (2017). Manajemen Mutu Informasi Kesehatan I: Quality Assurance. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Pusat Pendidikan Sumber Daya Manusia Kesehatan, Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan).

Imelda, S dan Nahrisah, E. 2015. Analisis Tingkat Mutu Pelayanan Rawat Inap Dalam Upaya Peningkatan Kepuasan Pasien Di RSUP Adam Malik Medan (Studi Perbandingan Antara Pasien Umum Dan Pasien BPJS). Medan. Vol.3. No

Iqbal, Muhammad & Agritubella, Syafrisar M. (2017). Hubungan Budaya Organisasi dengan Kinerja Perawat Pelaksana di Rawat Inap RS PMC. Jurnal Endurance.

Karaca, A., Durna, Z. (2019). Patient Satisfaction with The Quality of Nursing Care. Nursing Open, 1-11.

Kemenkes RI. (2019). Permenpan RB Nomor 35 Tahun 2019. Jakarta : Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Krisnawati, T., Utami, N. W., dan Lastri. (2017). Hubungan Kinerja Perawat dengan Kepuasan Pasien Ruang Rawat Inap di Rumah Sakit Panti Waluyo Malang. Jurnal Keperawatan. Vol 2 No. 2. https://publikasi.unitri.ac.id/index.php/fikes/article/view/475.

Maria H. Bakri. (2017). Manajemen Keperawatan: Konsep dan Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional. Yogyakarta : Pustaka Baru Press.

Maslita, K. (2017). Gambaran Kinerja Perawat Pelaksana diruang Rawat Inap Rumah Sakit Kabupaten Tangerang, Jakarta.

Maulana, Nova. (2021). Beban Kerja Berhubungan Dengan Kinerja Perawat. Jurnal Keperawatan Volume 13 Nomor 2, Juni 2021.

Mubarak, I, W. (2015). Ilmu Keperawatan Dasar. Jakarta: Salemba Medika.

Nadirawati, 2018. Buku Ajar Asuhan Keperawatan Keluarga : Teori dan Aplikasi Praktik. Bandung : Refika Aditama.

Nofianti. (2016). Manajemen Pelayanan Rumah Sakit Pelayanan Rawat Inap yang Ideal. Jakarta: Universitas Esa Unggul.

Nofianti. (2016). Manajemen Pelayanan Rumah Sakit Pelayanan Rawat Inap yang Ideal. Jakarta: Universitas Esa Unggul.

Notoadmojo, S. (2018). Metodologi penelitia kesehatan (2nd ed.). Jakarta: Rineka Cipta.

Nursalam. (2013). Manajemen Keperawatan : Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional. Jakarta: Salemba Medika.

Nursalam. (2017). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan : Pendekatan Praktis. (Edisi 4). Jakarta: Salemba Medika.

Pamungkas, A, R. (2017). Metedologi Riset Keperawatan.Jakarta: Anggota IKAPI

Potter, & Perry, A. G. 2015. Buku Ajar Fundamental Keperawatan: Konsep, Proses,. Dan Praktik, edisi 4, Volume.2. Jakarta: EGC.

Sesrianty, V., Machmud, R., Yeni, F. (2019). Analisa Kepuasan Pasien terhadap Mutu Pelayanan Keperawatan. Jurnal Kesehatan Perintis, 6, (2), 116-126.

Sugiyono, 2017, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Alfabeta, Bandung.

Tim Pokja SIKI DPP PPNI, (2018), Standar Intervensi Keperawatan Indonesia (SIKI), Edisi 1, Jakarta, Persatuan Perawat Indonesia

Warny dan Maya. (2020). Hubungan beban kerja dengan kinerja perawat dalam melakukan asuhan keperawatan di ruang rawat inap rumah sakit. Volume VIII. Nomor 1, Maret 2020.

Downloads

Published

2023-04-28

How to Cite

Venakontesa, T., Rasmun, R. and Kadir, A. (2023) “HUBUNGAN KINERJA PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RSD dr. H. SOEMARNO SOSROATMODJO TANJUNG SELOR KABUPATEN BULUNGAN”, Jurnal Sains, Teknologi dan Kesehatan, 2(2), pp. 135–144. doi: 10.55681/saintekes.v2i2.65.