HUBUNGAN GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA RUANGAN DENGAN MOTIVASI KERJA PERAWAT DI RUANG PERAWATAN RSUD dr. H. SOEMARNO SOSROATMODJO TANJUNG SELOR

Authors

  • Eka Wardaningsih Politenik Kesehatan Kalimantan Timur

DOI:

https://doi.org/10.55681/saintekes.v2i2.75

Keywords:

Gaya Kepemimpinan, Motivasi Kerja

Abstract

Kepemimpinan adalah bagaimana melibatkan upaya perorangan untuk mempengaruhi orang lain untuk memberikan layanan keperawatan yang profesional, langsung dan individual. Motivasi perawat dalam bekerja masih merupakan masalah yang aktual, hal ini tidak berarti bahwa perawat pelaksana tidaklah baik, mungkin organisasi atau pemimpin mereka yang tidak menggunakan cara yang tepat untuk memotivasi mereka menghasilkan kinerja yang lebih baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan gaya kepemimpinan kepala ruangan dengan motivasi kerja perawat di ruang perawatan Rumah Sakit Umum Daerah dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Tanjung Selor. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional study. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perawat pelaksana yang bertugas di ruang perawatan bedah, interna dan ICU Rumah Sakit Umum Daerah dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Tanjung Selor yang berjumlah 52 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan total sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 52 orang. Diperoleh hasil bahwa sebagian besar responden memiliki gaya kepemimpinan efektif sebanyak 48 orang (92,3%) dan gaya kepemimpinan tidak efektif sebanyak 4 orang (7,7%). Diperoleh hasil bahwa sebagian besar responden memiliki motivasi kerja tinggi sebanyak 37 orang (71,2%) dan motivasi kerja rendah sebanyak 15 orang (28,8%). Ada hubungan gaya kepemimpinan kepala ruangan dengan motivasi kerja perawat di ruang perawatan Rumah Sakit Umum Daerah dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Tanjung Selor.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agritubella, S. M. (2018). Kenyamanan Dan Kepuasan Pasien Dalam Proses Interaksi Pelayanan Keperawatan Di Rsud Petala Bumi. Jurnal Endurance, 3(1), 42. https://doi.org/10.22216/jen.v3i1.2040

Ali, K., & Agustian, D. W. (2018). Analisis Pengaruh Budaya Organisasi Dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kepuasan Kerja Untuk Meningkatkan Kinerjakaryawan Di Rumah Sakit Muhammadiyah Metro. Derivatif:

Andjarwati, T. (2015). Motivasi dari Sudut Pandang Teori Hirarki Kebutuhan Maslow Teori Dua Faktor Herzberg. Teori XY Mc Gregor dan Teori Motivasi Prestasi Mc Clelland. Jurnal Ilm.

Arif, Y. K., Wihardja, H. & Lina, R. N. (2021). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Motivasi Kerja Perawat Pelaksana Dalam Merawat Pasien COVID-19 di RS X, Banten. Jurnal Seh.

Arikunto. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. Pustaka Pelajar.

Arikunto, S. (2018). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Astuti, R. (2018). Pengaruh Motivasi dan Beban Kerja terhadap Kinerja Perawat pada Rumah Sakit Umum Mitra Medika Medan. Jurnal Ilm.

Dora, M. S., & Ramaita. (2021). Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap pada Masa Pandemi COVID 19 di Ruang Mina Rumah Sakit Aisyiyah Pariaman Tahun 2021. Jurnal NTHN, 16(1), 56–64.

Fahrurozi. (2014). Hubungan Gaya Kepemimpinan Kepala Ruangan Dengan Kepuasan Kerja Perawat Pelaksana Puskesmas Langsa Lama. Skripsi. USU.

Farida. (2016). Kepemimpinan Efektif Dan Motivatif Kerja Dalam Penerapan Komunikasi Terapeutik Perawat. Jurnal Ner.

Gannika, L., & Buanasasi, A. (2019). Hubungan Gaya Kepemimpinan Kepala Ruangan dengan Kinerja Perawat di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit GMIM Pancaran Kasih Manado. Jurnal Kep.

Habibi, A. H., Hakim, F. H., & Azizi, F. S. (2020). Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan dengan Minat Kunjungan Ulang Rawat Jalan di RSIA PKU Muhammadiyah Cipondoh. Jurnal JKFT, 4(2), 11–21.

Hamzah B. (2016). Teori Motivasi dan Pengukurannya (Analisis di Bidang pendidikan). Bumi Aksara.

Hartono. (2019). ‘Pengaruh Sistem Remunerasi Terhadap Motivasi Kerja, Kepuasan Kerja dan Dampaknya Terhadap Kinerja Perawat di RS Paru Gunawan Tahun 2018. Jurnal Kep.

Indriono A., & Z. (2015). Hubungan antara motivasi kerja perawat dengan kepuasan kerja perawat di instalasi rawat inap badan rumah sakit umum daerah kabupaten batang,. 1–14.

Isnainy. (2018). Pengaruh Reward dan Kepuasan Kerja Terhadap Motivasi dan Kinerja Perawat. Kesehatan.

Juliandiny, T. & Sumiyati, S. H. (2016). Kompensasi Serta Motivasi Kerja Pada Kinerja Keperawatan Kontrak Rumah Sakit Umum Subang. Journal of.

Kemenkes RI. (2016). Manajemen dan kepemimpinan dalam keperawatan.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Lengkong. (2018). Hubungan Gaya Kepemimpinan Kepala Ruangan Dengan Kinerja Perawat Pelaksana Diruang Rawat Inap Rumkital dr. Wahyu Slamet Bitung. Skripsi. Universitas Samratulangi.

Majid. (2016). Pengaruh Pelatihan dan Supervisi Kepala Ruangan Terhadap Kinerja Perawat Pelaksana di Ruang Rawat Inap Bedah Rumah Sakit Tk II Pelamonia Makassar. Jurnal Mir.

Makatiho, J. G., Tilaar, C., & Ratag, B. (2015). Motivasi kerja Perawat di Instalasi rawat inap. C 1-10.

Muhammad Yusuf Sholeh Sudjijana, Jajuk Herawati, D. S. (2019). JURNAL SIMPLEX Vol. 2 No. 3 Desember 2019. Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Iklim Inovasi, Efikasi Diri Terhadap Kreativitas Karyawan Pada Industri Pembuatan Gerabah Di Desa Kasongan, Kabupaten Bantul, 2(3), 24–34.

Notoatmodjo. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. PT. Rineka Cipta.

Nursalam. (2015). Manajemen Keperawatan: Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional. Salemba Medika.

Nursalam. (2017). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan Pendekatan Praktis. Edisi.4. Salemba Medika.

Putra, S. & A. (2014). Hubungan Gaya Kepemimpinan Kepala Ruangan dengan Kinerja Perawat Pelaksana di Rumah Sakit Umum Daerah Raa Soewondo Pati. Skripsi. STIKes Karya Husada.

Putu. (2020). Gambaran Motivasi Bekerja Perawat Dalam masa Pandemi Coronavirus Disease (COVID-19) di Bali. Community.

Ramadhan, S. dkk. (2015). Pengaruh Kompensasi Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Perawat Rumah Sakit Islam Dinoyo Malang). Jurnal Tek.

Ramadini & Jasmita. (2015). Hubungan Motivasi Dengan Kinerja Perawat Pelaksana di Ruangan Rawat Inap RSUD dr. Rasidin Padang. Ners Jurna.

Rumaisha. (2019). Hubungan Gaya Kepemimpinan Dan Karakteristik Pemimpin Dengan Kinerja Perawat Di Puskesmas Takeran Kecamatan Takeran. Stikes Bhakti Husada Mulia.

Salawangi. (2018). ubungan Motivasi Kerja Dengan Kinerja Perawat Di Instalasi Rawat Inao RSUD Liun Kendage Tahuna Kabupaten Sangihe. Jurnal Kes.

Siagian, H. S., & Harefa, A. (2019). Hubungan Gaya Kepemimpinan Kepala Ruang Dengan Kinerja Perawat di Rumah Sakit Umum Imelda Pekerja Indonesia Medan Tahun 2018. Jurnal Ilm.

Siagian,S, P. (2012). Teori Motivasi dan Aplikasinya (Cetakan keempat). Rineka Cipta.

Sugiharto. (2018). Kepemimpinan dengan Motivasi Kerja Perawat di Ruang Rawat Inap Penyakit Dalam (Studi di Ruang Cempaka dan Dahlia RSUD Jombang). Insan Cendekia Medika.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. CV Alfabeta.

Tiandani. (2015). Hubungan Gaya Kepemimpinan Kepala Ruang Dengan Kinerja Perawat Pelaksana di Ruang Rawat RSUD Ahmad Yani Metro Lampung. Jurnal Kes.

Witjaksono, A. A. M. R., Hartiningsih, D. S. S., & Indriana, G. (2017). Hubungan motivasi kerja dengan kinerja perawat instalasi rawat inap di pusat mata nasional Rumah Sakit Cicendo Bandung Tahun 2017. 1–17.

Yancomala. (2014). Hubungan Gaya Kepemimpinan dengan Motivasi Kerja Pegawai di Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatera Barat. Jurusan Ad.

Zulfikhar. (2016). Hubungan Antara Gaya Kepemimpinan Kepala Ruang Dengan Motivasi Kerja Perawat Pelaksana Di Rumah Sakit Islam Surakarta. Universitas Muhammadiyah.

Downloads

Published

2023-04-28

How to Cite

Wardaningsih, E. (2023) “HUBUNGAN GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA RUANGAN DENGAN MOTIVASI KERJA PERAWAT DI RUANG PERAWATAN RSUD dr. H. SOEMARNO SOSROATMODJO TANJUNG SELOR”, Jurnal Sains, Teknologi dan Kesehatan, 2(2), pp. 204–212. doi: 10.55681/saintekes.v2i2.75.