HUBUNGAN LAMA RAWAT DENGAN TINGKAT KECEMASAN KELUARGA PASIEN YANG DIRAWAT DI RUANG ICU RSD dr. H. SOEMARNO SOSROATMODJO

Authors

  • Leonita Widiastuti Politenik Kesehatan Kalimantan Timur
  • Andi Lis Arming Gandini Politenik Kesehatan Kalimantan Timur
  • Diah Setiani Politenik Kesehatan Kalimantan Timur

DOI:

https://doi.org/10.55681/saintekes.v2i2.78

Keywords:

Lama Rawat, Kecemasan, ICU

Abstract

Pasien yang dirawat diruang ICU (Intensive Care Unit) mengalami keadaan gawat yang mengancam kehidupan. Untuk itu perawat diruang ICU cenderung cepat dan cermat serta kegiatannya dilakukan secara terus menerus dalarn 24 jam. Perawatan diruang ICU sering menggunakan alat-alat canggih yang asing bagi pasien maupun keluarga. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan lama rawat dengan tingkat kecemasan keluarga pasien yang dirawat di ruang ICU RSD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo. Desain penelitian pada penelitian ini adalah observasional menggunakan pendekatan cross-sectional. Penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus-September 2022. Populasi dalam penelitian ini adalah keluarga yang menunggui pasien di ruang tunggu ICU RSD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo sebanyak 43 orang data dari Bulan Juni s/d Agustus 2022. Penentuan sampel menggunakan Purposive Sampling, maka jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 orang. Uji statistik yang digunakan adalah chi square. Apabila diperoleh t hitung (nilai pvalue) < 0,05, maka hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak. Hubungan lama rawat dengan tingkat kecemasan keluarga pasien yang dirawat di ruang ICU (pValue = 0,00), lama rawat lebih dari 3 hari (73,3%) dan tingkat kecemasan keluarga pada kategori sedang (46,7%). Terdapat hubungan lama rawat dengan tingkat kecemasan keluarga pasien yang dirawat di ruang ICU RSD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anadiyanah. 2021. Gambaran tingkat kecemasan keluarga pasien di ruangan ICU RSUD Dr. H. Ibnu Sutowo Baturaja. Thesis. Palembang : STIKes Bina Husada.

Amelia. 2020. Hubungan Lama Hari Rawat Dengan Tingkat Kecemasan Keluarga Pasien Di Ruang Intensive Cardiac Care Unit. Skripsi. Universitas Lambung Mangkurat, Kalimantan Selatan.

Arikunto, S. 2017. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik (15th ed.). Jakarta: Rineka Cipta.

Dewanti, 2014. Lama Rawat Intensive Care Unit (ICU) Pasien Pasca Operasi Jantung di Rsup Dr. Kariadi Semarang. KTI. Universitas Diponegoro.

Diferiansyah, O., Septa, T., & Lisiswanti, R. 2016. Gangguan Cemas Menyeluruh. Jurnal Medula Unila.

Idarahyuni. 2017. Tingkat Kecemasan Keluarga Pasien di Ruang Intensive Care Unit (ICU) RSAU dr. M Salamun Ciumbuleuit Bandung. Skripsi. Poltekkes TNI AU Ciumbuleuit Bandung.

Karima. 2017. Hubungan Tingkat Kecemasan dengan Lama Hari Rawat pada Pasien Akut Miokard Infark (AMI) di Ruang ICVCU RSUD dr. Moewardi Surakarta. Skipsi. Poltekkes Surakarta.

Kristiani, R. B., & Dini, A. N. 2017. Komunikasi Terapeutik Dengan Tingkat Kecemasan Keluarga Pasien Di Intensive Care Unit (Icu) Rs Adi Husada Kapasari Surabaya. Adi Husada Nursing Journal, 3(2), 71–75.

Leite, E. G. 2017. Hubungan Antara Komunikasi Perawat dengan Tingkat Kecemasan Keluarga Pasien yang dirawat di Unit Perawatan Kritis RS Unisma. Journal Nursing News, 2(2), 286–294.

Notoadmojo, S. 2014. Metodologi penelitia kesehatan (2nd ed.). Jakarta: Rineka Cipta.

Novela. 2019. Hubungan Lama Rawat dan Status Pasien Kritis dengan Koping Keluarga di Ruang ICU RSUD Sele Be Solu Kota Sorong. Skripsi. STIKes Papua.

Nursalam. 2016. Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Selemba. Medika.

Putra. 2018. Gambaran Karakteristik Pasien di Intensive Care Unit Rumah Sakit Universitas Sumatera Utara Medan Tahun 2016-2017. Skripsi. Universitas Sumatera Utara.

Rahmawati. 2013. Korelasi Antara Skor APACHE II Dengan Lama Rawat Inap Pasien Sepsis di ICU RSUP DR. Kariadi Semarang: Semarang.

Rosidawati. 2019. Hubungan Antara Lama Rawat Dengan Tingkat Kecemasan Keluarga Pasien Di Ruang Intensive Care Unit Rsud Dr Soekardjo Kota Tasikmalaya. Skripsi. Bengkulu : Universitas Muhammadiyah.

Sugiyanto, B. 2014. Pengaruh Konseling Spiritual Perawat Terhadap Tingkat Kecemasan Pada keluarga Pasien Yang dirawat di Ruang ICU RSUD Sleman Yogyakarta. Yogyakarta: Program Studi Ilmu Keperawatan STIKES Aisiyah.

Sugiyono, 2017, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Alfabeta, Bandung.

Sutriyani. 2018. Hubungan Tingkat Pengetahuan Keluarga Tentang Perawatan ICU Terhadap Tingkat Kecemasan Keluarga Pasien yang di Rawat di Ruang ICU RSUD Koja. Skripsi. Thesis. Jakarta : Universitas Binawan.

Yusuf dan Rahman. 2019. Pengaruh Stimulasi Al-Qur'an Terhadap Glasgow Coma Scale Pasien Dengan Penurunan Kesadaran di Ruang ICU. Jambura Nurisng Journal , Vol. 1, No. 1.

Downloads

Published

2023-04-28

How to Cite

Widiastuti, L., Gandini, A. L. A. and Setiani, D. (2023) “HUBUNGAN LAMA RAWAT DENGAN TINGKAT KECEMASAN KELUARGA PASIEN YANG DIRAWAT DI RUANG ICU RSD dr. H. SOEMARNO SOSROATMODJO”, Jurnal Sains, Teknologi dan Kesehatan, 2(2), pp. 225–233. doi: 10.55681/saintekes.v2i2.78.