PEMANFAATAN APLIKASI LAYANAN JASA MEKANIK GURAH MESIN MOBIL BERBASIS WEB

Authors

  • Eko Hariadi STMIK Amikom Surakarta
  • Afnan Rosyidi STMIK Amikom Surakarta
  • Widada STMIK Amikom Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.55681/saintekes.v1i2.8

Keywords:

Manfaat, Gurah Mesin, Aplikasi, E-Commerce, Website

Abstract

Gurah Mesin Mobil adalah usaha membersihkan kotoran kerak dalam lubang piston tanpa membongkar mesin dengan cairan carbon cleaner yang dimasukkan setelah busi dilepas kemudian disedot sampai bersih dan dikeringkan pasang kembali busi nya. Banyak pengguna kendaraan motor dan mobil yang sering mengeluhkan performa kendaraannya semakin turun seperti tenaga yang tidak maksimal, tarikan turun, tarikan pada gas semakin berat sehingga membuat getaran pada mesin menjadi kasar.  Untuk dapat menjangkau lebih banyak pelanggan serta memperluas area pemasaran sekaligus promosi, maka diperlukan media yang dapat menunjang kegiatan promosi, transaksi penjualan informasi Gurah Mesin dengan optimal. Salah satu media yang menjadi perhatian masyarakat sekarang ini adalah menggunakan media website online.  Electronic Commerce (E-Commerce) didefinisikan sebagai proses pembelian dan penjualan produk, jasa dan informasi yang dilakukan secara elektronik dengan memanfaatkan jaringan internet melalui perangkat elektronik gadget dan komputer. Gurah Mesin Mobil menyadari bahwa peranan media website dapat meningkatkan omset penjualan  jasa atau layanan home service yang mereka miliki untuk menjangkau pasar yang lebih luas lagi serta dapat meminimalkan biaya-biaya operasional iklan dan biaya secara fisik. Metode yang digunakan dalam pembuatan aplikasi berbasis web ini adalah siklus hidup pengembangan sistem atau yang biasa disebut System Development Life Cycle (SDLC). SDLC mempunyai beberapa tahapan yaitu perencanaan, analisis, perancangan, implementasi, ujicoba, dan pemeliharaan. Aplikasi ini memberikan informasi baik terhadap pelanggan maupun masyarakat umum dalam memperoleh informasi mengenai pelayanan jasa yang ditawarkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

APJII, “Survey Internet APJII,” Survey Internet APJII, 2019. http://www.apjii.or.id

Baskoro, Adi, 2012. Buku pintar membuat toko online. Jakarta: Media ita.

Kadir, Abdul. 2009. Membuat Aplikasi Web dengan PHP + Database MySQL.

R. Nursyanti, R. Y. R. Alamsyah, and S. Perdana, “Perancangan Aplikasi Berbasis Web Untuk Membantu Pengujian Kualitas Kain Tekstil Otomotif (Studi Kasus Pada Pt. Ateja Multi Industri),” Explor. J. Sist. Inf. dan Telemat., vol. 10, no. 2, 2019, doi: 10.36448/jsit.v10i2.1323

Y. Kustiyaningsih, Pemrograman Basis Data Berbasis Web Menggunakan PHP & MySql. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2012.

Downloads

Published

2022-10-30

How to Cite

Hariadi, E., Rosyidi, A. and Widada, W. (2022) “PEMANFAATAN APLIKASI LAYANAN JASA MEKANIK GURAH MESIN MOBIL BERBASIS WEB”, Jurnal Sains, Teknologi dan Kesehatan, 1(2), pp. 46–51. doi: 10.55681/saintekes.v1i2.8.