HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN PERAWATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN KELUARGA PASIEN DI RUANG INTENSIVE CARE UNIT (ICU) RSD dr. H. SOEMARNO SOSROATMODJO TANJUNG SELOR TAHUN 2023

Authors

  • Hasbi Politenik Kesehatan Kalimantan Timur
  • Wiyadi Politenik Kesehatan Kalimantan Timur
  • Amiruddin Politenik Kesehatan Kalimantan Timur

DOI:

https://doi.org/10.55681/saintekes.v2i2.80

Keywords:

Kualitas Pelayanan Perawatan, Kepuasan Keluarga Pasien

Abstract

Kualitas pelayanan keperawatan di rumah sakit menjadi perhatian dibidang kesehatan. Kualitas pelayanan keperawatan masih belum dirasakan oleh keluarga pasien seperti keluhan kurangnya sikap caring, empathy, kurang tanggap, dan sikap acuh tak acuh perawat pada pasien. Pelayanan yang kurang memuaskan juga dirasakan keluarga pasien di Ruang ICU (Intensive Care Unit). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan perawatan dengan tingkat kepuasan keluarga pasien di Ruang Intensive Care Unit (ICU) RSD. dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Tanjung Selor. Desain penelitian pada penelitian ini adalah observasional menggunakan pendekatan cross-sectional. Penelitian dilaksanakan pada bulan September-Oktober 2022. Populasi dalam penelitian ini adalah keluarga penunggu pasien di Ruang ICU RSD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Tanjung Selor. Empat bulan terakhir, yaitu bulan Mei, Juni, Juli dan Agustus tahun 2022, sebanyak 120 orang. Penentuan sampel menggunakan Purposive Sampling dan menggunakan rumus Slovin, maka jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 35 orang. Uji statistik yang digunakan adalah chi Square. Apabila diperoleh Asymp. Sig < 0,05, maka hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak. Hubungan kualitas pelayanan perawatan dengan tingkat kepuasan keluarga pasien di Ruang Intensive Care Unit (ICU) (pValue = 0,00,). Kualitas pelayanan perawatan pada kategori baik (54,3%) dan tingkat kepuasan keluarga pasien pada kategori puas (57,1%). Kategori kepuasan ini masih di bawah standar yang telah ditentukan oleh Komite Mutu Rumah Sakit yakni di atas 90%. Terdapat hubungan kualitas pelayanan perawatan dengan tingkat kepuasan keluarga pasien di Ruang Intensive Care Unit (ICU) RSD. dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Tanjung Selor.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Zeithaml, V. Parasuraman, A. and L. Berry L. 1985. “Problems and Strategies in Services Marketing”. Jurnal of Marketing Vol. 49. (Spring).

Annisa. 2017. Hubungan Mutu Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Kelas III di Rumah Sakit TK. IV Madiun Tahun 2017. Skripsi. Madiun : STIKes Bhakti Husada Mulia.

Arikunto, S. 2017. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik (15th ed.). Jakarta: Rineka Cipta.

Asmuji. 2016. Manajemen Keperawatan; Konsep dan Aplikasi. Yogjakarta: Ar-. Ruzz Media.

Budiono. 2016. Konsep Dasar Keperawatan, Jakarta: Pusdik SDM Kesehatan.

Bustami. 2011. Penjaminan Mutu Pelayanan Kesehatan & Akseptabilitasnya. Jakarta: Erlangga.

Fadilah. 2019. Hubungan Kualitas Pelayanan Keperawatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Bedah di RSUD dr. Loekmono Hadi Kudus. Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama. Vol 8, No 1.

Hariyanto, D, dkk, 2013, Pengaruh Persepsi Mutu Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Kunjungan Pasien Di Puskesmas Ngantru Kabupaten Tulungagung, Jurnal Ilmu Manajeman, Volume.2, No.2, juni 2013.

Hemdeh. 2019. Patient Satisfaction With Primary Healthcare Services In Lebanon. Int J Health Plann Manage 2019 Jan;34(1):e423-e435.doi: 10.1002/hpm.2659. Epub 2018 Sep 26.

Junita. 2016. Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap di RSUD Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah. Skripsi. Universitas Sumatera Utara. Jurnal Ners Indonesia, Vol.6 No.1

Maqbulla. 2014. Tingkat Kepuasan Keluarga Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Perawatan Pasien ICU di Instalasi Rawat Instensif RSUP Dr. Kariadi Semarang. Skripsi. Semarang : Universitas Diponegoro.

Marjati, dkk, 2014, Mutu Pelayanan Kesehatan dan Kebidanan, Salemba Medika, Jakarta.

Muninjaya, A. Gde. 2015. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Edisi 2. Jakarta: EGC.

Downloads

Published

2023-04-28

How to Cite

Hasbi, H., Wiyadi, W. and Amiruddin, A. (2023) “HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN PERAWATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN KELUARGA PASIEN DI RUANG INTENSIVE CARE UNIT (ICU) RSD dr. H. SOEMARNO SOSROATMODJO TANJUNG SELOR TAHUN 2023”, Jurnal Sains, Teknologi dan Kesehatan, 2(2), pp. 249–256. doi: 10.55681/saintekes.v2i2.80.