STRATEGI DIGITAL MARKETING DALAM MENINGKATKAN OMSET PENJUALAN PADA UMKM WARUNG JEPANG MAMI ALE TELAGASARI

Authors

  • Mila Sari Nurasyiah Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Uus Mohammad Darul Fadli Universitas Buana Perjuangan Karawang

Keywords:

Strategi, Digital Marketing, UMKM

Abstract

Seiring perkembangan bisnis saat ini, selain peningkatan produksi, banyak upaya pemberdayaan UMKM juga perlu memperluas pemasaran produk, karena UMKM Indonesia umumnya mengalami kesulitan dalam pengembangan, salah satu penyebabnya karena terbatasnya cakupan pemasaran. Digital marketing adalah bentuk strategi pemasaran yang melibatkan pemasaran produk sedemikian rupa sehingga sampai kepada konsumen dengan cepat dan tepat waktu. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi digital yang akan dilakukan dalam meningkatkan omset penjualan pada di era perkembangan internet dengan digital marketing. Dalam penulisan karya ilmiah ini, metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah informan yang memberikan data penelitian melalui wawancara dan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian kualitatif dengan teknik wawancara dan observasi serta data yang telah penulis kumpulkan, dapat disimpulkan bahwa UMKM Warung Jepang Mami Ale menggunakan strategi digital marketing dalam meningkatkan omset penjualan sangat efektif dilakukan untuk mengikuti tren terkini agar dapat menjangkau masyarakat secara lebih luas. Kepada peneliti selanjutnya mungkin dapat lebih banyak menyampaikan tentang digital marketing untuk meningkatkan omset penjualan, dan mungkin dapat mencari permasalahan yang baru tentang digital marketing pada UMKM di sekitar.

References

Azmi Fadhilah, D., & Pratiwi, T. (2021). Strategi Pemasaran Produk UMKM Melalui Penerapan Digital Marketing. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 12(1), 17–22. https://doi.org/10.32670/coopetition.v12i1.279

Biasa, K. M., Tumbel, A. L., Walangitan, M. D., Manajemen, J., & Ekonomi, F. (2021). Pemanfaatan Sistem Pemasaran Online Dan Strategi Pemasaran Dalam Menigkatkan Pembelian Konsumen Pada Masa Pandemic Covid-19 (Study Kasus Online Shop Manado). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(2), 948–956.

Dermawansyah, M., & Rizqi, R. M. (2019). Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Melalalui Digital Marketing Pada Home Industri Kopi Cahaya Robusta Sumbawa. Jurnal Manajemen Ekonomi Dan Bisnis, 1–5.

Dian Kusuma Wardani, M. S. (2020). Pengujian Hipotesis (Deskriptif, Komparatif dan Asosiatif). https://www.google.co.id/books/edition/Pengujian_Hipotesis_Deskriptif_Komparati/6LoxEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0

Erlina F. Santika. (2023). Jumlah UMKM di Indonesia Sepanjang 2022, Provinsi Mana Terbanyak? Databoks.Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/02/02/jumlah-umkm-di-indonesia-sepanjang-2022-provinsi-mana-terbanyak#:~:text=Ini terlihat dari data yang,Pulau Jawa mendominasi sektor ini.

Fiona, F., & Rahmayanti, D. (2022). Analisis Dampak Pandemi Covid-19 Bagi Umkm Dan Implementasi Strategi Digital Marketing Pada Umkm Indonesia. Managament Insight: Jurnal Ilmiah Manajemen, 17(2), 298–322.

Hartanti, H., & Oktiyani, R. (2020). Pengembangan Strategi Pemasaran Ayam Barokah Melalui Digital Marketing. Widya Cipta: Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 4(2), 183–190. https://doi.org/10.31294/widyacipta.v4i2.8791

Khotim Fadhli, N. D. P. (2021). PENGARUH DIGITAL MARKETING, KUALITAS PRODUK, DAN EMOSIONAL TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN POSKOPI ZIO JOMBANG. 2(2), 603–612.

Krisna Sudjana, I. N. (2020). ANALISIS PENERAPAN TAX PLANNING PPH PASAL 21 TERHADAP EFISIENSI PAJAK TERUTANG PADA PT. KEMUNING LESTARI. Ekonomi & Bisnis, 18(2), 135–143. https://doi.org/10.32722/eb.v18i2.2491

Krisnawati, I., Ubaidi, I. A., Rais, H., & Batu, R. L. (2019). Strategi Digital Marketing dalam Perdagangan Hasil Tani untuk Meningkatkan Pendapatan Kabupaten Karawang. Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini, 10(2), 70. https://doi.org/10.36982/jiegmk.v10i2.838

Neno, M. S. (2021). Analisi Pemanfaatan Digital Marketing Pada Rumah Makan Kahang Jaya Liliba Di Masa Pandemi Covid 19. GLORY: Jurnal Ekonomi & Ilmu Sosial, 2(2), 147–160. http://ejurnal.undana.ac.id/index.php/glory/article/view/4816

Priatama, R., Ramadhan, I. H., Zuhaida, A.-, Akalili, A., & Kulau, F. (2021). ANALISIS TEKNIK DIGITAL MARKETING PADA APLIKASI TIKTOK (Studi Kasus Akun TikTok @jogjafoodhunterofficial). SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 18(1), 49–60. https://doi.org/10.21831/socia.v18i1.40467

Saputra, S., & Rangkuti, P. W. (2023). GANDRUNG: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat The Application of Digital Marketing to MSMEs Mandiri Maju Jaya Store The Application of Digital Marketing to MSMEs Mandiri Maju Jaya Store. 4(1), 701. https://doi.org/10.36526/gandrung.v4i1.2384

Simamora, V., Albab, M. U., Putra, R. J., & Diansyah. (2020). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Daya Saing Pelaku UMKM Kripik Singkong Di Kecamatan Kebon Bawang, Jakarta Utara. Journal For Business And Entrepreneurship, 4(2), 1–14.

Sopiyan, P. (2022). Pengaruh Digital Marketing dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 13(2), 249–258. https://doi.org/10.32670/coopetition.v13i2.1057

Widiyawati, W., Savitri, C., & Faddila, S. P. (2022). Implementation of Digital Marketing At Pt Fratama Kencana Gemilang. Jurnal Ekonomi, 11(01), 210–214. http://ejournal.seaninstitute.or.id/index.php/Ekonomi/article/view/223%0Ahttp://ejournal.seaninstitute.or.id/index.php/Ekonomi/article/download/223/198

Wiranata, I. K. A., Agung, A. A. P., & Prayoga, I. M. S. (2021). Pengaruh Digital Marketing, Quality Product dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Roti di Holland Bakery BatuBulan. Jurnal EMAS, 2(3), 133–146.

Downloads

Published

2023-06-15

How to Cite

Nurasyiah, M. S., & Fadli, U. M. D. (2023). STRATEGI DIGITAL MARKETING DALAM MENINGKATKAN OMSET PENJUALAN PADA UMKM WARUNG JEPANG MAMI ALE TELAGASARI. PRIMER : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(3), 322–330. Retrieved from https://ejournal.itka.or.id/index.php/primer/article/view/151