Analisis Implementasi Kurikulum: Faktor Tantangan Dan Solusi Strategis Di Lingkungan Pendidikan
Keywords:
Implementasi kurikulum, Tantangan, Solusi strategisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tantangan dan solusi strategis dalam implementasi kurikulum di lingkungan pendidikan. Metode deskriptif kualitatif digunakan untuk mengkaji fenomena-fenomena yang terjadi di lingkungan pendidikan yang diteliti. Alat yang digunakan dalam penelitian ini meliputi wawancara, observasi kelas, dan pengumpulan dokumen. Berdasarkan temuan penelitian, tantangan dalam implementasi kurikulum antara lain kurangnya personel yang berkualitas, kurangnya sarana dan prasarana yang memadai, serta ketidaksesuaian antara kurikulum dan kebutuhan siswa. Solusi strategis untuk mengatasi tantangan ini antara lain dengan melatih dan mendidik para pendidik, mengembangkan kurikulum yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa, meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan, serta memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran.Dengan menerapkan solusi strategis tersebut, diharapkan kurikulum menjadi lebih efektif dan relevan dengan kebutuhan dan perkembangan siswa sehingga menghasilkan hasil belajar yang lebih optimal.
References
Asrifan, A., Mahbub Ibna Seraj, P., Sadapotto, A., & Vargheese, K. J. (203 C.E.). The Implementation of Kurikulum Merdeka as The Newest Curriculum Applied at Sekolah Penggerak in Indonesia. INTERNATIONAL JOURNAL OF EDUCATION AND HUMANITIES, 2, 62–74. https://doi.org/10.56314/ijoleh.v2i1
Aulia, N. (2023). Analisis Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013. Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 14–20.
Gofur Abdul, M., Nursikin, M., & Junedi. (2022). Prinsif-prinsif Inovasi dan Pengembangan Kurikulum. Educational Journal of Islamic Management (EJIM), 2(2), 82–87.
Hardani, Auliya, N.H, Andriani, H., fardani, R, A, Ustiawati, j, utami, E, F. Sukmana, D, J & istiqomah, R. . (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif (Issue January).
Hariani, A., Nabila Puteri, K., & Silaban, H. D. (2023). Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 686–692.
Horenburg, M. (2013). Perkembangan Kurikulum Pendidikan Vokasional Berbasis Pada Kebutuhan Dunia Industri. Zeitschrift Für Herz-,Thorax- Und Gefäßchirurgie, 27(6), 434–437. https://doi.org/10.1007/s00398-013-1055-6
Irwana, I. (2018). Persepsi Guru Terhadap Pelaksanaan Kurikulum 2013 Penyusunan Kurikulum 2013 Adalah Kurikulu. Menurut Hilda Taba Nasution. 18(3), 261–270.
Jojor, A., & Sihotang, H. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka dalam Mengatasi Learning Loss di Masa Pandemi Covid-19 (Analisis Studi Kasus Kebijakan Pendidikan). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5150–5161. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3106
Listyowati, A., Hartanti, J., Putri A, N., Hasanah, U., & Nur Aini. (2023). Pelatihan Pengembangan Perencanaan Pembelajaran Berbasis Steam Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Tk Aisiyah Bustanul Athfal 14 Surabaya. Pancasona, 2(2), 289–294. https://doi.org/10.36456/pancasona.v2i2.7890
Miladiah, S. S., Sugandi, N., & Sulastini, R. (2023). Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Di Smp Bina Taruna Kabupaten Bandung. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(1), 312–318. https://doi.org/10.58258/jime.v9i1.4589
Muhamad Majdi. (2023). Inovasi Pembelajaran Abad 21: Peluang dan Tantangan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Kampus Merdeka Belajar pada STIT Buntet Pesantren. JIECO: Journal of Islamic Education Counseling, Vol 3 No 1(1), 12–23. https://jurnal.stit-buntetpesantren.ac.id/index.php/jieco/article/download/254/205
Mujab, S., Rosa, A. T. R., & Gumelar, W. S. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka (Studi Kasus SMK Al Huda Kedungwungu Indramayu). Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5, 1538–1545.
Munir, M., & Jannah, M. (2019). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Sebagai Solusi Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah. Academia Education, 03(2), 1–16.
Ningsi, A., Sukiman, S., Agustina, A., Hardiyana, M. R., & Nirmala, S. U. (2024). Identifikasi Tantangan dan Strategi dalam Implementasi Kurikulum Merdeka pada Tingkat Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 678–682. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.877
Nurul Indika Wardhani, & Supriyanto, A. (2023). Implementasi Program Kampus Mengajar Pada Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka dalam Pemerataan Kualitas Pendidikan. Student Journal of Educational Management, 3(September), 120–132. https://doi.org/10.37411/sjem.v3i2.1330
Prihatien, Y., Amin, M. S., & Hadi, Y. A. (2023). Analisis Kesulitan Guru Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka di SD Negeri 02 Janapria. Journal on Education, 6(1), 9232–9244.
Puspito, W. G., Sutopo, A., & Desstya, A. (2021). Analisis Kesesuaian Buku Tematik Sekolah Dasar dengan Kurikulum 2013. Jurnal Basicedu, 6(1), 354–363. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1911
Rostika, D. (2016). Dengan Sistem Kredit Semester. Manejemen Pendidikan, 25 (2), 191–199.
Rusmiati, M. N., Ashifa, R., & Herlambang, Y. T. (2023). Analisis Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 1490–1499. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v7i2.2203
Salma Sunaiyah. (2018). Problematika dan solusi implementasi kurikulum 2013 bagi guru mata pelajaran bahasa indonesia ma. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, 372(2), 2499–2508. http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/7556065%0Ahttp://www.pubmedcentral.nih.gov/articlerender.fcgi?artid=PMC394507%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.humpath.2017.05.005%0Ahttps://doi.org/10.1007/s00401-018-1825-z%0Ahttp://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/27157931
Simon Paulus Olak Wuwur, E. (2023). Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. SOKO GURU: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.55606/sokoguru.v3i1.1417
Studi, P., Matematika, P., Sains, F., Mandalika, P., Nomor, J. P., & Barat, N. T. (2023). Analisis Kesulitan Guru Sd Negeri Kecamatan Keruak Dalam Menerapkan K13 Materi Pembelajaran Zainal Abidin Pendahuluan Salah satu tugas penting perguruan tinggi negeri ataupun perguruan tinggi swasta adalah mempersiapkan kemampuan mahasiswa pada saat perku. 3(3), 142–148.
Suryadi, Y., & Ndona, Y. (2023). Analisa efektifitas kurikulum merdeka terhadap murid disabilitas autisme ditinjau dari persektif Tenaga Kependidikan. Jesya, 6(1), 460–466. https://doi.org/10.36778/jesya.v6i1.947
Suryana, Y., & Pratama, F. Y. (2018). Manajemen Implementasi Kurikulum 2013 Di Madrasah. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 3(1), 89–98. https://doi.org/10.15575/isema.v3i1.3287
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Lalu Maksudy Mulkan, Lalu Mathlubi Ali Zunnun
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.