Pemanfaatan Model Pembelajaran Berbasis Case Method pada Materi Pengayaan Pertambangan Ilegal dalam Pelestarian Lingkungan untuk Pengayaan Materi Ajar SMP Negeri 29 Samarinda
Studi Kasus di SMP Negeri 29 Samarinda
Keywords:
Case Method, Pertambangan Ilegal, Materi PengayaanAbstract
Pemanfaatan model pembelajaran berbasis case method pada materi pengayaan pertambangan ilegal dalam pelestarian lingkungan untuk pengayaan materi aja SMP Negeri 29 Samarinda dengan enam aspek indikator yang sudah berjalan sesuai tahapan-tahapan dalam model pembelajaran berbasis case method. SMP Negeri 29 Samarinda merupakan sekolah yang sangat memberikan dukungan kepada seluruh siswa untuk terus berkembanga menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Dukungan ini dapat berupa pelaksanaan peran pihak sekolah sebagai fasilitator dan evaluator yang baik bagi para siswa melalui adanya pengayaan materi ajar yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan baru bagi siswa tentang alam sekitar. Pengayaan materi ajar SMP Negeri 29 Samarinda dengan pemanfaatan model pembelajaran pada materi pengayaan pertambangan ilegal memberikan dampak positif pada proses pembelajaran di dalam kelas. Hal tersebut terbukti dengan optimisnya siswa menyelesaikan tugas diskusi kelompok, memahami materi dan kegigihan dalam mengikuti proses pembelajaran PPKn yang berlangsung. Selain itu berdasarkan hasil analisis data, diperoleh rata-rata nilai 90 perkelompok diskusi. Hal tersebut membuktikan bahwasanya pembelajaran PPKn dengan pengayaan materi pertambangan ilegal dalam pelestarian lingkungan dengan pemanfaatan model pembelajaran berbasis case method efektif digunakan untuk materi pengayaan
References
Edisom. (2017). 52 Metode Mengajar Mengangkat Harkat Dan Martabat Pendidik Menjadi Berwibawa Dan Terhormat. Bandung: Kalam Hidup
Halawa, Noibe, Erizal Gani, Syahrul R. (2019). Kesantunan Berbahasa Indonesia Dalam Tindak Tutur Melarang dan Mengkritik Pada Tujuh Etnis. Jurnal Lingua. Volume XV. Nomor 2
Haryadi Dwi. (2018). Pengantar Hukum Pertambangan Mineral Dan Batubara. Bangka Belitung: UBB Press.
Herliah, E., & Zakiyah, I. G. (2021). Pola Pembinaan Ibu Rumah Tangga Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Anak Pada Era Pembelajaran 4.0. Didactica : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 38–45. https://doi.org/10.56393/didactica.v1i2.504
Hidayat, Syarief “Partisipasi Masyarakat dalam Pengelolaan SDA: Akar Masalah, Peluang, dan Tantangan”, bahan disampaikan dalam FGD di Pusat Pengkajian, Pengolahan Data dan Informasi (P3DI) Setjen DPR RI, Jakarta, 2 April 2019.
Janah, D. M., Rachmad, E., & Herliah, E. (2023a). Discipline Character Analysis Of Class Ix Students Of Junior High School 5 Samarinda Post Learning Pandemi. 147–155.
Lembaga Alkitab Indonesia 1974. (2014). Alkitab. Jakarta.
Lusiana, P., Suryaningsi, Majid, N., & Herliah, E. (2024). Politik Hukum Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Atas Pertambangan Batubara Berbasis Pancasila di PT. Berau Coal . PRIMER: Jurnal Ilmiah Multidisplin, 2(2), 121–130. https://ejournal.itka.ac.id/index.php/primer/article/view/330
Manahara, A. (2021). Ketuntasan Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran PAK Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Kelas VIII Sekolah Menegah Pertama SMP Negeri 2 Jayapura. (Skripsi STFT GKI I.S Kijne Jayapura).
Mulawarman, W. G., Suryaningsi, S., Henny, P., Sulistyowati, E. D., & Rokhmansyah, A. (2022). Management of Poverty Feminization Program of Women Head of Household in East Kalimantan Province. Aksara Jurnal, 08(May), 963–976.
Nordiana, N., Asnar, A., Suryangsi, S., & Herliah, E. (2024). Konstruksi Pemahaman Siswa Dalam Memandang Kedaulatan Nasional Atas Sumber Daya Mineral Batu Bara Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis. PRIMER : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(1), 105–111. https://doi.org/10.55681/primer.v2i1.317
Nordiana, N., Asnar, A., Suryaningsi, S., Herliah, E., Education, C., & Program, S. (2024). Construction of Understanding in Viewing National. European Journal of Humanities and Educational Advancements (EJHEA), 5(02), 17–22.
Putri, R. A., Suryaningsi, S., Marwiah, M., Herliah, E., Warman, W., & Pardosi, J. (2024). Kebijakan, Tantangan Dan Problematika Kebijakan Pendidikan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Pandemi Covid-19 Di SMA Negeri 1 Bongan Kabupaten Kutai Barat. PRIMER : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(1), 94–104. https://doi.org/10.55681/primer.v2i1.316
Ramadhan, S, Sukma, E, dan Indriyani. V. (2019). Environmental Education and Disaster Mitigation Through Language Learning. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, Vol. 314.
Ramadhan, S, Sukma, E, dan Indriyani. V. (2019). Teacher competence in utilizing digital media literacy in education. Journal of Physics: Conference Series. 1339 (2019) 012111.
Ramadhan, S., Asri, Y., & Indiryani, V. Learning Module Design Writing Argumentative Text Based Problem-Based Learning. In Advances In Social Science: Education And Humanities Research. Volume 263, Pp. 194-200
Ramadhan, S., Sukma, E., & Indriyani, V. 2019. Environmental education and disaster mitigation through language learning. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 314
Ramadhan, Syahrul, Erizal Ghani, dan Siska Amelia. (2018). The effects of cooperative learning model type TPS and reading habits toward skills in writing short story reviews text. Internasional Conferences on Languange, and Education. Advances in Social Science, Education and Humanities, 263.
Renggong Ruslan. 2018. Hukum Pidana Lingkungan. Jakarta: Kencana.
Rozana, Rita, Ramadhan, Syahrul, dan Basri, Irfani. (2018). Kontribusi Motivasi Belajar dan Penguasaan Kosakata Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa SMA. Lingua. Volume XIV. Nomor 1.
Safitri, Annisa, Elfia Sukma. 2020. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Tema 3 Menggunakan Pendekatan Saintifik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai. Volume 4, Nomor 3.
Sidjabat. (2009). Mengajar Secara Profesional Sebuah Prespektif Kristiani.
Siregar, Hendrik (Koordinator JATAM), “Partisipasi Masyarakat Masih Ilusi Dalam Pengelolaan Tambang”, bahan disampaikan dalam FGD di Pusat Pengkajian, Pengolahan Data dan Informasi (P3DI) Setjen DPR RI, 2 April 2019.
Sitombo, Roli dan R. Syahrul. (2019). Tindak Tutur Ilokusi Pendakwah Dalam Program Damai Indonesiaku di TV One. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya, Vol. (3)2, 251.
Suardi, Indah Permatasari, Syahrul R, Yasnur Asri. Pemerolehan Bahasa Pertama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 3 Issue 1 (2019) Pages 265 – 273.
Suhatman Jaya, Syahrul R, Ermanto . 2013. Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Media Gambar Siswa Kelas X.1 Sma Negeri 2 Kota Sungai Penuh. Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pembelajaran. Volume 1 Nomor 2,
Suhirman, “Partisipasi Masyarakat dalam UU No. 23 Tahun 2014”, bahan disampaikan dalam FGD di Pusat Pengkajian, Pengolahan Data, dan Informasi (P3DI) Setjen DPR RI, Jakarta, 2 April 2019.
Sukma E., S Ramadhan, V Indriyani. 2020. Integration of environmental education in elementary schools. Journal of Physics: Conf. Series 1481.
Sukma, E. (2019). Problem in oral language teaching in primary school. Seventh international conference on languages and arts (ICLA 2018). Atlantis press.
Sukma, E., Mahjuddin, R., dan Habibi, M (2019). Preliminary Research of Media Literacy Development. Advances in Social Science, Education and Humanities Research. Volume 337.
Sukma, E., Ramadhan, S., & Indriyani, V. 2020. Integration Of Environmental Education In Elementary Schools. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 1481, pp. 2-3.
Sukma, Elfia. 2015. Penerapan Pendekatan Komunikatif Dalam Pembelajaran Struktur Bahasa Indonesia Di sekolah Dasar. Jurnal Diksi. Vol. 12, No. 1.
Sukma, Elfia. 2016. Kompetensi Kognitif Pembelajaran Apresiasi Sastra Di Sekolah Dasar. Jurnal Gramatika. V2. i1 (1-11).
Sukma, Elfia. 2019. Problem in Oral Language Teaching in Primary School. Seventh internation conference on languanges and arts (ICLA 2018). Atlantis Press.
Suparlan. 2010. Menjadi Guru Efektif. Yogyakarta: HIKAYAT Publishing.
Suryaningsi, S., Azis, M., & Rosmini, R. (2024). Building Environmental Sustainability through Reclamation and Management of Non-Forestry Cultivation Areas for the Coal Mining Industry. Contemporary Readings in Law and Social Justice, 16(1), 80–96.
Suryaningsi, S., Herliah, E., Syarif, M., Rosmini, R., Yuliangrum, A. V., & Bahzar, M. (2024). Legal Responsibility of Coal Mining Company PT. International Prima Coal for Worker Welfare and Safety. Journal of Ecohumanism.
Suryaningsi, S., Yulianingrum, A. V., & Gede, W. (2024). The Role of Legal Consultation and Legal Aid Assistance for Disadvantaged Communities. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal. 10(January), 467–476.
Usior,Y. (2021). Kreativitas Guru Menggunakan Teknologi Pembelajaran Dalam Kegiatan Belajar Mengajar Pada Masa Pandemi Covid 19 Di SMP Negeri 1 Biak Timur. (Skripsi STFT GKI I.S Kijne Jayapura).
Widyastuti. (2021). Optimalisasikan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), Daring Luring, BdR. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.
Winarni. (2018). Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.
Yewangeo. (2020). Menakar Covid-19 Secara Teologis. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Addriana, Suryaningsi, Jamil, Hardoko, Marwiah, Wingkolatin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.