ANALISIS STRUKTUR DAN UNSUR KEBAHASAAN ARTIKEL ILMIAH POPULER DALAM RUBRIK OPINI SINDONEWS EDISI TAHUN 2021 SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR ARTIKEL ILMIAH POPULER DI KELAS XII
Keywords:
Artikel Ilmiah Populer, Opini, Analisis, Bahan AjarAbstract
Bahan ajar merupakan salah satu unsur yang penting dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, guru hendaknya dapat menyiapkan bahan ajar yang baik sesuai dengan tuntutan kurikulum. Meskipun demikian, pada kenyataannya bahan ajar yang tersedia belum relevan dengan kebutuhan peserta didik dan masih terbatas, termasuk bahan ajar Artikel Ilmiah Populer di Kelas XII. Permasalahan bahan ajar tersebut terjadi di MAN 4 Ciamis, SMAN 3 Tasikmalaya, serta SMAN 4 Tasikmalaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui struktur dan unsur kebahasaan artikel ilmiah populer dalam rubrik opini Sindonews edisi tahun 2021 serta mengetahui dapat atau tidaknya artikel ilmiah populer dalam rubrik opini Sindonews edisi tahun 2021 dijadikan sebagai alternatif bahan ajar Artikel Ilmiah Populer di kelas XII. Metode penelitian yang digunakan ialah metode deskriptif analitis dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penelitian ini ialah teknik wawancara dan pemeriksaan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kesepuluh artikel ilmiah populer yang penulis analisis telah memiliki struktur yang lengkap, meliputi pernyataan pendapat, argumentasi, dan penegasan ulang pendapat; (2) kesepuluh artikel ilmiah populer yang penulis analisis telah memiliki unsur kebahasaan yang lengkap, meliputi adverbia, konjungsi, dan kosakata sehingga dapat membantu peserta didik dalam mencapai kompetensi dasar 3.11 di kelas XII; dan (3) kesepuluh sampel artikel ilmiah populer yang penulis analisis dari segi kesesuaiannya dengan kriteria bahan ajar yang mencakup tinjauan teks dengan kurikulum dan tinjauan isi bahan ajar telah sesuai dan dapat dijadikan sebagai alternatif bahan ajar Artikel Ilmiah Populer di kelas XII.
References
Dalman. 2015. Penulisan Populer. Depok: PT RajaGrafindo Persada.
Heryadi, Dedi. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: Pustaka Billah.
Kemendikbud. 2016. Silabus Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Tahun 2016. Jakarta: Kemendikbud.
Kosasih, E. 2021. Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Santhi, Sandra Meita. 2019. Editorial dan Artikel (Fakta dan Opini).Surakarta: PT Aksara Sinergi Media.
Suryaman, Maman, Suherli, dan Istiqomah. 2018. Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK Kelas XII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Suwandi, Sarwiji. 2019. Pembelajaran Bahasa Indonesia Era Industri 4.0. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Yusuf, Muri. 2017. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan Edisi Pertama. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 PRIMER : Jurnal Ilmiah Multidisiplin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.