Kebijakan, Tantangan Dan Problematika Kebijakan Pendidikan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Pandemi Covid-19 Di SMA Negeri 1 Bongan Kabupaten Kutai Barat
Keywords:
Tantangan, Problematika Kebijakan, Belajar Dari Rumah, COVID-19Abstract
Kebijakan belajar dari rumah banyak memunculkan hambatan-hambatan dalam proses pendidikan dimana terdapat banyak siswa yang tempat tinggalnya tidak terjangkau jaringan internet. Selain itu faktor ekonomi juga membuat banyak siswa yang meskipun tempat tinggalnya terjangkau jaringan internet namun terkendala dengan kekurangan kuota internet. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tantangan, problematika, dampak dan upaya untuk mengatasi tantangan dan problematika kebijakan pendidikan belajar dari rumah. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang dilakukan di SMA Negeri 1 Bongan Kabupaten Kutai Barat. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa tantangan kebijakan adalah mempertahankan akses pendidikan dimana SMA Negeri 1 Bongan mampu mempertahankannya dengan baik agar peserta didik mampu belajar dengan baik. Pihak sekolah telah memberikan afirmasi dan akses pendidikan untuk siswa agar lebih rajin belajar. Selama pandemi Covid-19 ini pihak sekolah menfasilitasi peserta didik paket data agar siswa tidak kesusahan lagi untuk melanjutkan sekolahnya akan tetapi ada hambatan dan tantangan yang di hadapi siswa yaitu mengenai jaringan dan hp peserta didikan tetapi dalam proses ini guru tidak menuntut peserta didik SMA Negeri 1 Bongan 100% hadir dalam pembelajaran online dikarenakan beberapa hambatan yang sering terjadi kepada peserta didik adalah jaringan dan kehabisan kouta data.
References
Amran, R. (2022). Pembelajaran Daring pada Kegiatan Tutorial. Scientific Journal, 1(5), 383–390. https://doi.org/10.56260/sciena.v1i5.71
Anugrah Anugrah, S. S. (2021). Hak Memperoleh Lingkungan Hidup Yang Sehat Serta Kewajiban. 1(9), 1–11.
Aulia Vivi Yulianingrum, Suryaningsi Suryaningsi, Alfina, W. F. K. (2023). Sosialisasi Hukum Pencegahan Tindak Kekerasaan dan Perilaku Bullying Pada Anak di TK ABA Samarinda Pendahuluan. PARTA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Http://Journal.Undiknas.Ac.Id/Index.Php/Parta. Volume 4 | Nomor 2 | Desember | 2023 e-ISSN: 2809-4433 Dan p-ISSN: 2809-5081 Sosialisasi, 4, 156–163.
Darmadi, H. (2015). Tugas, Peran, Kompetensi, dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional. Pendidikan, 13, 163–164. https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/edukasi/article/view/113
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89
Dindin Jamaluddin1, Teti Ratnasih2, Heri Gunawan3, E. P. (2020). Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru :
Fauzia, L. (2020). IMPLEMENTASI METODE LEARNING START WITH A QUESTION PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25(2), 240–269. https://doi.org/10.24090/insania.v25i2.4199
Fauzia, N., & Suryaningsi, S. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila pada Masyarakat RT 04 Kampung Baru Balikpapan di Masa Pandemic COVID-19. Konstruksi Sosial: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial, 1(12), 421–427.
Fauzy, A., & Nurfauziah, P. (2021). Kesulitan Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi COVID- 19 di SMP Muslimin Cililin. 05(01), 551–561.
Herlinda Ragil Feby Carmela, S. (2021). Penegakan Hukum Dalam Pendidikan dan Perlindungan Anak di Indonesia. Nomos : Jurnal Penelitian Ilmu Hukum, 1(2), 58–65.
Id, S. (2020). suryaningsi Karakter.
Latiafah, R., Hanifa, F., & Pd, H. M. (2021). Problematika Guru dalam Pembelajaran Matematika Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA Yogyakarta. 1, 36–43.
Lestari, S., & Marhamah, M. (2022). Pemanfaatan aplikasi Google Classroom sebagai alternatif dalam pembelajaran online. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 9(2), 146–154. https://doi.org/10.21831/jppfa.v9i2.37057
Puspita Sari, V., & Suryaningsi, S. (2023). Education For Indonesian Citizens: From Good Citizens to Active Citizens. Asian Journal of Social and Humanities, 1(10), 695–706. https://doi.org/10.59888/ajosh.v1i10.73
Putri, Y. E., & Fernandes, R. (2019). Pelaksanaan Integrasi Pendidikan Karakter Nilai Al-Qur’an dan Nilai Budaya Alam Minangkabau Dalam Pembelajaran Sosiologi (Studi Kasus: SMA Negeri 2 Padang dan SMA Adabiah Padang). Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.24036/sikola.v1i1.8
Ratu, D., Uswatun, A., & Pramudibyanto, H. (2020). Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19 Pendahuluan. 10(1), 41–48.
Safira, M. (2021). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis daring pada materi membuat pantun. Center for Open Science. https://doi.org/10.31219/osf.io/khyg9
Suryaningsi, S., Alim, S., Wingkolatin, W., & Jamil, J. (2016). Pendidikan Kewarganegaraan. Academica.
Suryaningsi, S., Nurlaili, N., & Siringoringo, M. (n.d.). Teacher Self-Efficacy for Professional Development during the COVID-19 Pandemic In East Kalimantan. 1–9.
Suryaningsi, S., Training, T., & Pahu, J. M. (2022). Cypriot Journal of Educational How does the principal ’ s policy respond to professional learning during the COVID-19 pandemic ? 17(11), 3950–3968.
Tika Widyaningsih, S. S. (2021). Hukum Kajian Perlindungan Hukum Terhadap Data Pribadi Digital Anak Sebagai. Nomos : Jurnal Penelitian Ilmu, 1(5), 171–181.
Warman Warman, Suryaningsi Suryaningsi, & Demsy Salimdeho. (2018). The Nature of Nation Character Establishment Through Educational Local Uniqueness Basis (Elub). 144, 87–89. https://doi.org/10.2991/icedutech-17.2018.16
Utomo, K. D., Soegeng, A. Y., Purnamasari, I., & Amaruddin, H. (2021). Pemecahan Masalah Kesulitan Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 Kelas IV SD. 9(1), 1–9.
Yusuf Bilfaqih, M. N. Q. (2015). Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring (Cetakan ke). CV Budi Utama.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rani Anggara Putri, Suryaningsi, Marwiah, Endang Herliah , Warman , Jawatir Pardosi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.