PENGGUNAAN TEAMS GAME TOURNAMENT BERBANTU VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EXPLANATION TEXT

Authors

  • Esti Nurul Aini Universitas PGRI Semarang
  • Dias Andris Susanto Universitas PGRI Semarang
  • Dwi Budi Rahayu SMA Negeri 6 Semarang

Keywords:

Teams Game Tournament, Video Animasi, Hasil Belajar

Abstract

Keberhasilan proses pembelajaran dapat dilihat dari hasil belajar yang diperoleh peserta didik itu sendiri. Terdapat berbagai macam kendala dalam pelaksanaan pembelajaran yang berdampak pada rendahnya hasil belajar yang diperoleh peserta didik, salah satunya adalah pembelajaran konvensional yang dilakukan guru dengan kegiatan belajar yang hanya menggunakan media lembar kerja siswa, sehingga keterlibatan dan pemahaman peserta didik terabaikan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif yang dilaksanakan bersama guru pamong dalam dua siklus, ditujukan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi Explanation text kelas XI IPS 4 SMA Negeri 6 Semarang pada tahun ajaran 2022/2023. Yang berjumlah 36 peserta didik melalui metode pembelajaran kooperatif dengan model Teams Game Tournament berbantu video animasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 4 yang berjumlah 36 siswa, sedangkan objek penelitiannya  adalah hasil belajar pada materi Explanation text. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, pemberian tes berbentuk pilihan ganda 20 soal dan dokumentasi. Kemudian hasil penelitian tersebut dianalisis menggunakan analisis data statistik deskriptif. Hasil analisis data pada siklus I didapatkan rata-rata ketuntasan siswa secara sebesar 56%, sedangkan pada siklus II sebesar 83%. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan video animasi sebagai media pembelajaran pada materi Explanation text dengan kegiatan pembelajaran yang menggunakan model Teams Game Tournament dapat meningkatkan ketuntasan hasil belajar peserta didik kelas XI IPS 4 di SMA Negeri 6 Semarang. Maka direkomendasikan untuk meggunakan model TGT dengan berbantu video animasi pada pembelajaran materi Explanation text agar ketuntasan hasil belajar dapat diraih secara optimal.

References

Agustien, R., Umamah, N., & Sumarno. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Situs Pekauman di Bondowoso Dengan Model Addie Mata pelajaran Sejarah Kelas X IPS. Jurnal Edukasi, 5 (1), 19-23.

Anita, Y., & Susanto, D. A. (2013). The teaching analysis of reading comprehension: a case of the eight grade students of SMP PGRI 01 semarang. ETERNAL (English Teaching Journal), 4(1).

Apriansyah, M. R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Animasi Mata Kuliah Ilmu Bahan Bangunan Di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pensil: Pendidikan Teknik Sipil, 9(1), 9-18.

Aqib, Z. (2015). Model-Model,Media,dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Cet. V.Yrama Widya.Bandung.

Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran.Edisi Revisi.cet,16.Rajawali Pers.Jakarta.

Clara Nahak, T. (2023). Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Team Game Tournament (TGT) Pada Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Malaka Barat Tahun Pelajaran 2022/2023. PRosiding Seminar Nasional Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 2(1), 204–214. https://doi.org/10.55606/mateandrau.v2i1.267

Fadhli, M. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Dimensi Pendidikan dan pembelajaran, 3(1), 24-33.

Fitria, Y. (2017). Efektivitas Capaian Kompetensi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Sains Di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2), 34-42.

Helvina, M., Noeng, A. Y., & Timba, F. N. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Animasi Terhadap Kemampuan Membeca permulaan Siswa Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Dasar:Tunas Nusantara, 3(2), 379-386.

Hidayati, A. S., Adi, E. P., & Praherdhiono, H. (2019). Pengembangan video Pembelajaran Untuk Meningkatkan pemahaman Materi Gaya Kelas IV di SDN Sukoiber 1 Jombang. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran, 6(1), 45-50.

Ihsana, E. K. (2017). Belajar dan Pembelajaran: Konsep Dasar, Metode dan Aplikasi Nilai-Nilai Spiritualitas dalm Proses Pembelajaran. Pustaka Pelajar, 4.

Jalil, J.2014.Panduan Mudah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Prestasi Pustaka Karya.Jakarta.

Joenaidy, A. M. (2019). Konsep dan Strategi Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0. Laksana, 144-148.

Karwono, H. M., & Mularsih, H. (2017). Belajar Dan Pembelajaran Serta Pemanfatan Sumber Belajar.Depok.

Kosasih, E. (2017). Jenis-jenis Teks, Fungsi, Struktur, dan Kaidah Kebahasaan untuk SMA/SMK: Edisi Revisi. Bandung: Yrama Widya.

Kumala, F. N. (2016). Pembelajaran IPA (cetakan pe). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Zoom Meeting Terhadap Minat Dan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar-Mayang Ayu Sunami, Aslam. Ediide Infografika.

Kunandar. (2011). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan. Rajawali Pers. Jakarta.

Lestari, S., & Susanto, D. A. (2015). Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Pelaksanaan Ptk Bagi Guru-Guru Bahasa Inggris Smk Kota Semarang. E-DIMAS, 5(1/Maret).

Lestari, S. P. (2018). Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Tgt Pada Siswa Kelas Ix 1 Smp Negeri 3 Pasir Penyu Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(3), 1334–1344. https://doi.org/10.31004/jptam.v2i5.120

Lestari, S., Susanto, D. A., & Karima, R. F. H. (2023). Laporan IbM Tutor PAUD dan GURU TK Peningkatan Kualitas Pembelajaran Tutor PAUD dan Guru TK Kecamatan Pedurungan Melalui Pelatihan Penggunaan Puppet Show.

Mawarni, A. M., & Susanto, D. A. (2021). The Effectiveness of Fun Game Kahoot as A Media in the Teaching of Vocabulary. Journal of English Language Teaching, Linguistics, and Literature Studies, 1(2).

Misykat Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.

Maria Tina Septiani, Muakibatul Hasanah (2019) “Media Audio Visual Untuk Pembelajaran Musikalisasi Puisi” Universitas Negeri Malang.

Mulyasa. (2013). Pengembangan dan implementasi kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Priyatni, dkk. (2016). Bahasa dan sastra Indonesia SMA/MA/SMK/MAK kelas XI. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Putri, YA. (2020). Analisis struktur teks eksplanasi bertemakan fenomena lam pada Surat Kabar Pikiran Rakyat Edisi Maret 2020 sebagai Alternatif Pemilihan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Bandung: Universitas Pasundan.

Restuti, dkk. (2017). Mandiri Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Rochmah, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa materi Sistem Pernapasan Manusia Kelas VIII SMP Negeri 1 Sumbergempol. IAIN Tulungagung, 18.

Sadiman, A.S., Rahardjo, R., Haryono A., Harjito., Bachtiar, H.W.(2014). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Rajawali Pers.Jakarta.

Subandi, I. (2014). Analisis teks eksplanasi pada media massa melalui pembelajaran berbasis masalah. Jakarta: Universitas Ahmad Dahlan.

Suharsimi, A. (2015). Penelitian Tindakan Kelas.Cet.8. Bumi Aksara. Jakarta.

Susanto, D. A. (2017). Pembuatan Suplemen Bahan Ajar Vocabulary dengan Word Games bagi Guru-Guru Bahasa Inggris SMP di Kota Semarang.

Downloads

Published

2023-07-26

How to Cite

Aini, E. N., Susanto, D. A., & Rahayu, D. B. (2023). PENGGUNAAN TEAMS GAME TOURNAMENT BERBANTU VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EXPLANATION TEXT. PRIMER : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(4), 386–396. Retrieved from https://ejournal.itka.or.id/index.php/primer/article/view/165