PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW) TERHADAP PEMAHAMAN MEMBACA BAHASA ARAB PADA DESKRIPTIF SISWA KELAS VIII DI SMP IT AL-IHSAN BOARDING SCHOOL KUBANG JAYA

Authors

  • Renaldi Darmawan UIN Sunan Kalijaga

Keywords:

Bahasa Arab, Membaca Teks Deskriptif, Strategi SQ3R

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan masalah-masalah yang dihadapi oleh siswa-siswi dalam belajar bahasa Arab terutama dalam membaca teks deskriptif. Berdasarkan fakta yang ada, siswa tersebut mengalami masalah-masalah dalam membaca teks deskriptif. dalam hal ini, peneliti menggunakan Strategi SQ3R untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mengerti teks bacaan. Fokus utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan dari penggunaan strategi SQ3R terhadap pemahaman membaca siswa di SMP IT Al-Ihsan Boarding School Kubang Jaya. penelitian ini memiliki dua variabel yaitu penggunaan strategi SQ3R sebagai variabel mandiri dan pemahamam membaca siswa sebagai variabel tergantung. peneliti merumuskan masalah yang akan dijawab dengan menggunakan penelitian kuantitatif, jenis penelitian ini adalah penelitian pra - eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP IT Al-Ihsan Boarding School Kubang Jaya. peneliti mengambil doa kelas, yaitu kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.2 kontrol kelas. Ada 25 kelas siwa kelas eksperimen dan kontrol sebagai sampel dari 20 siswa kelas VIII di SMP IT Al-Ihsan Boarding School Kubang Jaya. dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan rumus tes mandiri dengan menggunakan SPSS versi 16. Berdasarkan analisis data, hasil penelitian menunjukkan jika probalitasnya > 0,05, hipotesis nol (Ho) diterima. Jika probalitasnya < 0,05 hipotesis alternatif (Ha) diterima. Karena nilai signifikannya 0,000<0,05, maka , Ha diterima sedangkan Ho ditolak . dapat kata kunci bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan strategi SQ3R, terhadapat pemahaman membaca siswa di SMP IT Al-Ihsan Boarding School Kubang Jaya.

References

موسوعة علم النفس الحديث, محمد عبد الرحمن العيسوي،. دار

الراتب الجامعية ،لبنان المجلد9 ط1 2002

محمد علي الخولي، أساليب تدريس اللغة العربية، (عمان: دار الفلاح، 1997)،

Creswell, John W. Educational research: planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research Ed 3rd. Linclon: Person education international. 2008

Dirgeyasa,Wy I. College Academic Writing: A Genre-Based perspective (Jakarta: Kencana, 2016)

Dorn, Linda J. and Soffos, Carla. Teaching for deep comprehension: A reading workshop approach (New York: Stenhouse Publishers, 2005)

Fleming, Grace. Homework & study tips expert (2016)

Hasibuan, Kalayo and Fauzan, Muhammad. Teaching English as a foreign language. (Pekanbaru: UNRI Press, 2007)

Hoshima, Alice and Hogue, Ann. Introduction to academic writing third edition (New York: Longman Pearson, 2007)

Hirai, Debra L. Cook, Irene Borego et al, Academic language/ Literacy strategies for adolescents (New York: Routledge, 2010)

Jamal, Murni. et.al, Improving reading skill in english (Jakarta: Kencana, 2006)

Klinger, Janette K. Teaching reading comprehension to students with learning difficulties (London: Guildford Press, 2007)

M. Syafi’I S. From paragraphs to a researcher report: A writing of English for academic purpose. (Pekanbaru: LBSI,2007)

Nation, I.S.P. Teaching ESL/EFL Reading and writing, (New York: Routledge, 2009)

Nunan, David. Practical english language teaching (New York: McGraw Hill, 2003)

Patel, M. F and Praveen M. Jain. English language teaching (method, tool, and Technique) (Jaipur: sunrise publishers & Distributor, 2008)

Richards C, Jack. et al, Longman dictionary of language teaching and applied Linguistics. (New York: Pearson Education, 2002)

Savage, Alice. And Mayer, Praticia. Effective academic writing2. (Oxford: 2005)

Sethna, Melissa.Literacy skill and strategies for content area teachers. 2010-2011

Suharsimi, Arikunto. Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik (Jakarta: PT. Rineka Cipta,2006

Downloads

Published

2023-08-17

How to Cite

Darmawan, R. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW) TERHADAP PEMAHAMAN MEMBACA BAHASA ARAB PADA DESKRIPTIF SISWA KELAS VIII DI SMP IT AL-IHSAN BOARDING SCHOOL KUBANG JAYA. PRIMER : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(4), 440–454. Retrieved from https://ejournal.itka.or.id/index.php/primer/article/view/177