PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DI ERA 5.0, PENDIDIKAN DAN TEKNOLOGI, PADA KOMPETENSI 21ST CENTURY
Keywords:
Kepemimpinan, Kepala Madrasah, Era 5.0, Pendidikan, Teknologi, Kompetensi 21st CenturyAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran dan tantangan kepemimpinan kepala madrasah dalam menghadapi perubahan era pendidikan 5.0. Menekankan integrasi teknologi, adaptasi terhadap perkembangan global, dan pengembangan kompetensi 21st century. Kepala madrasah memiliki peran penting dalam memastikan bahwa madrasah dapat mengikuti perkembangan ini dan memberikan pendidikan berkualitas. Menganalisis peran kepala madrasah dalam mengembangkan visi dan strategi pendidikan, memimpin transformasi kurikulum, meningkatkan kompetensi guru, dan berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk mencapai tujuan pendidikan 5.0. Metode Penelitian kepustakaan Library Reseaarch yang dilakukan dengan cara mengumpulkan berbagai sumber dari jurnal, artikel, dan buku-buku. Tantangan yang dihadapi kepala madrasah juga dibahas, termasuk perubahan paradigma, peningkatan kebutuhan sumber daya manusia, dan integrasi teknologi dalam pembelajaran. Memberikan wawasan dan rekomendasi bagi kepala madrasah dalam mengemban tugas kepemimpinan dalam era 5.0.
References
Avolio, B. J., & Bass, B. M. (1994). The Full Range of Leadership Development. Binghamton, NY: Bass, Avolio & Associates.
Bass, B. M., & Riggio, R. E. (2006). Transformational Leadership (2nd ed.). Psychology Press.
Burns, J. M. (1978). Leadership. Harper & Row.
Danandjaja, J. (2014).Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Antropologi Indonesi Northouse, P. G. (2018). Leadership: Theory and Practice (8th ed.). Sage Publications.
Luh Putu Ary Sri Tjahyanti, Putu Satya Saputra, Made Santo Gitakarma,2022 Peran Artificial Intelligence(AI) Untuk Mendukung Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19,Jurnal Komputer dan Teknologi Sains (KOMTEKS) Vol. 1, No. 1, Oktober , hlm. 15-21
Mirzaqon. T, A dan Budi Purwoko. 2017.Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori dan Praktik Konseling Expressive Writing. Jurnal BK Unesa, 8(1)
Murni,2020,Kepemimpinan Kepala Madrasah di Lembaga Madrasah Pendidikan Islam,Jurnal MUDARRISUNA Vol. 10 No. 3 Juli-September , DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jm.v10i3.8079
Ni Wayan Rati, Nyoman Kusmaryatni, Nyoman Rediani, 2017,Model Pembelajaran Berbasis Proyek,Kreativitas dan Hasil Belajar MAhasiswa,Jurnal Pendidikan Indonesia,P-ISSN: 2303-288X E-ISSN: 2541-7207 Vol. 6, No.1, April.
Sugioyono. 2016.,Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : Penerbit Alfabeta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 PRIMER : Jurnal Ilmiah Multidisiplin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.