PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROJECT GUNA MENDUKUNG PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI (STUDI KASUS SMK NEGERI 1 JUWIRING KLATEN)
Keywords:
Basis Project, Pembelajaran Berdiferensiasi, Penelitian Tindakan KelasAbstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui penerapan pembelajaran berbasis project guna mendukung pembelajaran berdiferensiasi. Hal tersebut di dasari adanya perbedaan karakter yang terdapat dalam diri setiap siswa di sekolah. Dengan pembelajaran berdiferensiasi diharapkan mampu mengoptimalkan kondisi dari berbagai keberagaman dan keunikan yang dimiliki siswa di sekolah. Selanjutnya dengan berbasis project akan mampu mendidik siswa guna lebih kreatif dan inovatif dalam mengikuti pembelajaran yang diberikan. Sedangkan jenis penelitian berupa Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) dengan pendekatan deskriptif. Obyek penelitian meliputi kelas XII OTKP 2 SMK Negeri 1 Juwiring Kabupaten Klaten untuk mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan. Dari penelitian didapatkan hasil bahwa aktivitas siswa selama pembelajaran mengalami peningkatan dari 61,1% pada Siklus I menjadi 72,2% pada Siklus II. Pada tes evaluasi diperoleh hasil, pada Siklus I siswa tuntas belajar 22 anak, sedangkan siswa belum tuntas belajar 14 anak. Siswa dalam mengikuti pembelajaran berbasis masalah sudah mengalami peningkatan dari 60,71% pada Siklus I menjadi 71,43% pada Siklus II. Dari hasil penelitian di dapatkan kesimpulan penerapan model pembelajaran berbasis project dengan pembelajaran berdiferensiasi di SMK Negeri 1 Juwiring Klaten pada kelas XII OTKP 2 berjalan dengan baik dan memberikan dampak positif terhadap pembelajaran para siswa.
References
Hermanto, B. (2020). Perekayasaan sistem pendidikan nasional untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Foundasia, 11(2).
Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty, I. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu, 6(2), 2846–2853. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2504
Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Murid Dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175-182. https://doi.org/10.21009/PIP.352.10
Al Rasyid, I. A., Aziz, A., Purwantono, P., & Indrawan, E. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar siswa KelasXI pada Mata Pelajaran Teknik Frais di SMK Negeri 1 Tanjung Raya. Jurnal Vokasi Mekanika, 2(4), 154-158.
Irman, S., & ., W. (2020). Validasi Modul Berbasis Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Simulasi Dan Komunikasi Digital. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 260–269. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i2.26156
Ningrum, M., Maghfiroh, & Andriani, R. (2023). Kurikulum Merdeka Belajar Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi di Madrasah Ibtidaiyah. EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 5(1), 85-100. https://doi.org/10.33367/jiee.v5i1.3513
Purnawanto, A. T. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi. JURNAL PEDAGOGY, 16(1), 34-54.
Rombe, R., Rani, R., Nurlita, N., & Parinding, J. F. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Belajar Menurut Ki Hajar Dewantara Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(6), 541-554.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 PRIMER : Jurnal Ilmiah Multidisiplin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.