PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) AKSI NYATA 5K (KEIMANAN, KEBERSIHAN, KERAPIAN, KEINDAHAN, DAN KETERTIBAN) YANG RAMAH LINGKUNGAN
Keywords:
Pelajar Pancasila, Aksi NyataAbstract
Projek penguatan profil pelajar Pancasila merupakan kegiatan kokurikuler berbasis projek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila. Disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan. Tujuan, muatan, dan kegiatan pembelajaran projek tidak harus dikaitkan dengan tujuan dan materi pelajaran intrakurikuler. Tujuan dari aksi nyata 5K yang ramah lingkungan di kelasku untuk mewujudkan kelasku surgaku ini meliputi 2 aspek, yaitu aspek karakter dan aspek produk. Aspek karakter meliputi beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia, bernalar kritis, kreatif, bergotong royong, mandiri, berkebhinekaan global. Sedangkan aspek produk meliputi kelengkapan administrasi kelas, kerapian kelas, dekorasi kelas, penghijauan di lingkungan kelas. Metode pemecahan masalah yang digunakan adalah diskusi terbimbing oleh fasilitator, dengan langkah-langkah menyusun rancangan kegiatan, membuat detail jadwal kegiatan proyek 1, menyusun daftar nama fasilitator, jadwal fasilitator, dan menyusun lembar kegiatan. Pelaksanaan kegiatan P5 dilalukan secara serentak di kelas X dengan jadwal yang telah tersusun. Adpun hasil penilaian sebagai pemenangnya adalah kelas X.10 sebagai juara 1, kelas X.12 sebagai juara 2, dan kelas X.11 sebagai juara 3. Dari kegiatan yang telah dilakukan diperoleh kesimpulan siswa siswi SMAN 1 Ponorogo dalam kegiatan P5 dengan Tema Gaya Hidup Berkelanjutan berjudul Aksi Nyata 5K (Keimanan, Kebersihan, Kerapian, Keindahan, dan Ketertiban) yang Ramah Lingkungan di Kelasku untuk Mewujudkan Kelasku Surgaku :Berkembang Sesuai Harapan (BSH).
References
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005. 2005. Standar Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Permendiknas Nomor 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan.
Demensi, Elemen, dan Subelemen, Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka, Jakarta: Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.
Panduan Pengembangan, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Jakarta: Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia
Panduan Pembeljaran dan Asesmen, Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah, Jakarta: Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 PRIMER : Jurnal Ilmiah Multidisiplin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.